Duh! Vaksinasi Anak di Palembang Membludak, tapi Dipenuhi Orang Dewasa

Dari 1.000 vaksin anak, meningkat menjadi 3.086 pendaftar

Palembang, IDN Times - Vaksinasi untuk anak usia 12-17 tahun di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr Mohammad Hoesin Palembang membludak. Dari 1.000 anak-anak yang dijadwalkan akan divaksin hari ini, justru di luar perkiraan dengan jumlah pendaftar bertambah tiga kali lipatnya.

Pihak rumah sakit mencatat jumlah yang mendaftar untuk divaksin mencapai 3.086 orang. Antrean tersebut justru hanya mencakup sekitar 40 persen anak-anak, selebihnya orang dewasa.

"Sebetulnya vaksin hari ini kita menyambut Hari Anak, namun diluar dugaan yang datang banyak sekali. Bahkan di luar usia anak-anak. Kebanyakan orang dewasa tanpa membawa anak," ungkap Direktur Utama RSUP dr Mohammad Hoesin Palembang, Eko Sunaryanto, Sabtu (10/7/2021).

Baca Juga: Pengelola Mal di Palembang Pasrah Jam Buka Sampai Pukul 17.00 WIB

1. Hanya 1.100 antrean dibuka vaksinasi hari ini

Duh! Vaksinasi Anak di Palembang Membludak, tapi Dipenuhi Orang Dewasavaksinasi anak di RSUP dr Mohammad Hoesin Palembang (IDN Times/istimewa)

Saat ditelusuri selain usia anak dan remaja yang mendaftar untuk divaksin, kebanyakan usia dewasa ikut mencoba mengantre. Hal inilah yang menjadi penyebab lonjakan orang yang mengantre untuk mendapatkan vaksin COVID-19.

Guna mencegah antrean yang terlalu ramai, pihak rumah sakit akhirnya hanya membatasi sekitar 1.100 orang yang mendapat jatah vaksinasi hari ini.

"Kemampuan kita satu hari hanya sampai 1.100 orang. Sehingga sisanya dilanjutkan pada Senin sampai Jumat mendatang dari pukul 8 sampai 15," kata Eko.

2. Sudah mendaftar hari ini dialihkan pekan depan

Duh! Vaksinasi Anak di Palembang Membludak, tapi Dipenuhi Orang DewasaVaksinasi penumpang di Bandara SMB II Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Menurutnya, untuk peserta vaksinasi yang telah melakukan pendaftaran sebanyak 1.986 orang, akan dialihkan di hari berikutnya. Pihaknya tetap akan melayani pendaftar yang telah hadir hari ini untuk dijadwalkan ulang.

"Mereka cukup membawa nomor pendaftaran, sehingga nanti di hari Senin tidak perlu lagi mendaftar," ujar Eko.

3. RSUP MH akan minta tambahan dosis vaksin

Duh! Vaksinasi Anak di Palembang Membludak, tapi Dipenuhi Orang DewasaVaksinasi penumpang di Bandara SMB II Palembang (IDN Times/Rangga Erfizal)

Sebelumnya pihak rumah sakit telah menyiapkan 6.000 dosis khusus anak-anak untuk divaksin. Namun, dengan ramainya masyarakat yang ingin divaksin membuat rumah sakit akan meminta tambahan dosis vaksin ke Dinkes Sumsel.

"Kami juga sedang berpikir untuk mencari tempat lebih luas agar bisa menampung 3.000 orang untuk sekali vaksin, karena kalau disini lokasinya tidak memungkinkan," tutup dia.

Baca Juga: Keluar Perbatasan Palembang-Banyuasin Wajib Tunjukan Sertifikat Vaksin

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya