Sumsel Masuk 3 Besar Angka Kebutaan Tertinggi karena Katarak

Radiasi sinar UV memicu jumlah penderita lebih banyak

Palembang, IDN Times - Sumatra Selatan (Sumsel) masuk dalam tiga wilayah di Indonesia yang memiliki angka kebutaan tertinggi setelah Jawa Timur (Jatim) dan Nusa Tenggara Barat (NTB). Data tersebut didapat dari analisis Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami). Untuk menekan angka itu, pemerintah memberi bantuan kepada masyarakat operasi katarak gratis bagi 101 warga.

"Meskipun tidak banyak tapi Sumsel menjadi tiga daerah terbanyak yang mengalami kebutaan. Sehingga hal ini menjadi alasan terlaksananya kegiatan ini," ungkap Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini, di RSMH Palembang, Jumat (24/11/2023).

Baca Juga: Mensos Minta Pemilih Difabel Diberi Perhatian Khusus untuk Pemilu

1. Kebutaan disebabkan sinar UV

Sumsel Masuk 3 Besar Angka Kebutaan Tertinggi karena Katarakhealthgrades.com

Risma menerangkan, faktor georafis menjadi salah satu penyebab tingginya angka kebutaan di Indonesia. Kegiatan operasi katarak diadakan diseluruh wilayah Indonesia untuk mengatasi hal tersebut.

"Tingginya angka kebutaan di Indonesia karena letak geografis. Kebanyakan masyarakat yang tinggal di pantai sehingga efek radiasi UV cukup tinggi," ungkap dia.

Baca Juga: Hak Pasien ODGJ Palembang Mencoblos, RSJ Siap Buka TPS

2. Negara alami kerugian jika ada masyarakat yang buta

Sumsel Masuk 3 Besar Angka Kebutaan Tertinggi karena Katarakdrweil.com

Risma menerangkan, kegiatan operasi katarak menjadi prioritas pemerintah untuk meminimalisir dampak kerugian bagi negara. Ketika ada masyarakat yang mengalami kebutaan maka akan menambah beban keluarga.

"Apabila seseorang mengalami kebutaan maka keluarga yang mengurusnya menjadi tidak produktif, dan bisa merugikan negara miliar Rupiah," jelas dia.

Total ada 400 orang pendaftar untuk mengikuti kegiatan operasi katarak hari ini. Hanya saja, Kementerian Sosial (Kemensos) hanya mengakomodir 101 orang peserta setelah melalui screening.

"Mereka tidak lolos screening karena ada sebagian katarak yang belum perlu dilakukan penindakan, serta memiliki riwayat penyakit yang tidak memungkinan untuk dioperasi," jelas dia.

3. Kemensos bantu transportasi dan akomodasi pasien

Sumsel Masuk 3 Besar Angka Kebutaan Tertinggi karena Katarakilustrasi katarak (nvisioncenters.com)

Menurut Risma, para peserta operasi katarak tidak hanya datang dari kota Palembang melainkan mereka yang juga berasal dari kabupaten dan kota. Kemensos menyiapkan akomodasi dan transportasi untuk pasien yang menjalani operasi.

"Permasalahan utamanya adalah beberapa masyarakat ada yang terkendala dengan biaya transportasi dan akomodasi. Kami pun menyiapkan transportasi dan akomodasi untuk masyarakat agar dapat mengikuti operasi katarak," tutup dia.

Baca Juga: Pasutri di Muba Namai Anaknya Prabowo Subianto, Idolakan Sosok Menhan

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya