Sumsel Garap Wisata Halal, Disbudpar Sajikan Konsep Sapta Pesona

Sumsel peringkat enam wilayah ramah wisatawan muslim

Palembang, IDN Times - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sumatra Selatan (Disbudpar Sumsel) menggagas pengembangan wisata halal di Bumi Sriwijaya. Sektor pariwisata halal diyakini bisa meningkatkan wisatawan dari dalam dan luar negeri, mengingat tren tersebut kini diminati wisatawan muslim.

Untuk mewujudkan itu, Disbudpar Sumsel berencana mengembangkan konsep Sapta Pesona yang memiliki tujuh unsur penting di dalamnya, yakni keamanan, ketertiban, kebersihan, kesejukan, keindahan, keramahan, dan kenangan.

"Orang-orang kalau berkunjung kemudian melihat bahwa Sumsel aman, tertib, bersih, dan ramah tamah, selanjutnya kenangan yang dimiliki pasti enak dan bisa memunculkan keinginan untuk berkunjung lagi," ungkap Kepala Disbudpar Sumsel, Aufa Syahrizal, Rabu (1/11/2023).

Baca Juga: Dispar Palembang Siapkan Rp3 Miliar Menata Kawasan BKB

1. Budaya, religi, dan kuliner jadi andalan

Sumsel Garap Wisata Halal, Disbudpar Sajikan Konsep Sapta PesonaPindang ikan gabus khas Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Aufa menerangkan, Sumsel memiliki magnet dalam membawa wisatawan ke daerahnya. Budaya, religi, kuliner, hingga wisata alam, menjadi potensi besar untuk dikembangkan.

"Langkah selanjutnya kita akan undang pelaku wisata khususnya hotel dan restoran agar memberikan pelayanan dan meyakinkan orang jika destinasi wisata di Sumsel ini halal," jelas dia.

Baca Juga: Bandara SMB II Diminta Buka Lagi Penerbangan Langsung ke Negara ASEAN

2. Sumsel ramah wisatawan muslim versi International Halal Tourism Destination

Sumsel Garap Wisata Halal, Disbudpar Sajikan Konsep Sapta PesonaMasjid Agung Palembang (instagram.com/pariwisata.palembang)

Rencana pengembangan pariwisata halal selaras dengan torehan Sumsel setelah dinobatkan sebagai daerah ramah muslim. Dari 38 provinsi di Indonesia, terdapat 15 besar provinsi yang ramah muslim dan Sumsel masuk di posisi keenam dalam nominasi bertajuk International Halal Tourism Destination. 

"Kita belum lima besar tapi mudah-mudahan di tahun depan bisa meningkat di lima besar," jelas dia.

3. Bahas kebijakan penerbangan antar negara dari Palembang

Sumsel Garap Wisata Halal, Disbudpar Sajikan Konsep Sapta PesonaKadisbudpar Sumsel Aufa Syahrizal (IDN Times/Rangga Erfizal)

Agar untuk mendukung geliat pariwisata, pihaknya kembali merancang kebijakan penerbangan Internasional ke Palembang. Salah satu rute yang direncanakan adalah Malaysia-Palembang.

"Insya Allah pada April 2024. Sekarang kebijakannya masih digodok. Nanti rencananya tidak hanya satu maskapai tapi dari berbagai maskapai," jelas dia.

Baca Juga: Pendaftar Duta Wisata Padang Panjang Diminta Bikin Surat Bebas LGBT

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya