Suami Bakar Istri di Musi Rawas Dibekuk di Kebun Sayur

Tersangka mengaku kesal sering dibentak korban

Musi Rawas, IDN Times - Tim Reskrim Polres Musi Rawas (Mura) berhasil menangkap Ahmad Riyanto alias Ririn (35), pelaku pembakaran istrinya sendiri berinisial FH (50), warga Desa Triwikaton Dusun V, Kecamatan Tugumulyo, Kabupaten Musi Rawas, Selasa (18/1/2022) lalu.

Tersangka Ririn menjelaskan dirinya emosi ketika istrinya menanyakan uang modal berjualan sayur. Tersangka kesal karena semua uang dipegang korban, tetapi justru meminta uang lagi kepada dirinya.

"Menurut keterangan tersangka, dirinya tega membakar korban karena kekesalan terhadap korban sudah diubun-ubun. Korban yang selama ini memegang uang justru berbalik bertanya kepada tersangka," ungkap Kapolres Muda, Achmad Gusti Hartono, Jumat (21/1/2022).

1. Korban siram istrinya dengan Pertalite

Suami Bakar Istri di Musi Rawas Dibekuk di Kebun SayurLokasi TKP pembakaran istri oleh Suami di Musi Rawas (IDN Times/istimewa)

Gertakan tersangka bukan main-main, dirinya pergi ke warung di dekat rumah untuk membeli Pertalite. Bensin tersebut dibungkus menggunakan plastik, dan langsung disiram ke tubuh korban.

"Tersangka melemparkan bensin ke tubuh korban. Karena kondisi korban berada dekat api lalu dengan mudah terbakar. Tersangka sempat melihat istrinya tersebut dilalap api sebelum melarikan diri," ujar dia.

Baca Juga: Pria di Musi Rawas Bakar Istrinya karena Cekcok Uang Hasil Jualan

2. Tersangka mengaku ditantang korban

Suami Bakar Istri di Musi Rawas Dibekuk di Kebun SayurKondisi korban usai dibakar pelaku (IDN Times/istimewa)

Korban dan pelaku telah menjalin rumah tangga sejak 2016 lalu. Keduanya sudah sering cekcok akibat perbedaan pendapat. Hal ini dibenarkan Riyanto alias Ririn di hadapan polisi.

Ririn mengaku kesal dengan tingkah istrinya. Bahkan menurut Ririn, ia sempat ditantang membuktikan perkataannya untuk membakar korban.

"Dia bentak saya terus, lalu saya ancam mau bakar. Justru saya ditantang balik dan dia bilang, bakarlah," sesal tersangka.

Baca Juga: Yusril Ihza Mahendra Ditangkap Usai Memerkosa Seorang Lansia

3. Timbul perasaan menyesal usai membakar korban

Suami Bakar Istri di Musi Rawas Dibekuk di Kebun SayurIlustrasi penjara (IDN Times/Mardya Shakti)

Karena ketakutan melihat istrinya terbakar api, Ririn langsung melarikan diri. Ia bersembunyi di dalam kebun sayur. Tersangka dihantui perasaan bersalah karena telah membakar istrinya. Belum sempat menyerahkan diri, tersangka keburu dijemput oleh polisi.

"Saya mau balik ke rumah mengantarkan istri ke rumah sakit. Tapi keburu ditangkap polisi," jelas dia.

Atas perbuatannya tersangka,  dirinya bahkan terancam 10 tahun penjara. Sedangkan korban masih menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Lubuk Linggau setelah menderita luka bakar 81 persen.

Baca Juga: Ibu dan Anak di Lubuk Linggau Meninggal Akibat Keracunan Yoghurt

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya