Sterilisasi Gereja Jelang Natal, Ini Langkah Polrestabes Palembang

BKB dan Jembatan Ampera tidak ditutup namun dijaga aparat

Palembang, IDN Times - Polrestabes Palembang menyiagakan personel H-4 jelang perayaan Natal. Pengamanan akan tetap dilakukan meski di tengah kondisi pandemik COVID-19.

"Sterilisasi gereja tetap akan dilakukan untuk menjaga kamtibmas. Sejauh ini Palembang dalam keadaan kondusif berkat kerja sama stakeholder dan masyarakat," ungkap Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Anom Setyadji kepada awak media saat apel Operasi Lilin Musi 2020, Senin (21/12/2020).

1. Perayaan Natal tetap gunakan protokol kesehatan

Sterilisasi Gereja Jelang Natal, Ini Langkah Polrestabes PalembangIlustrasi pemeriksaan suhu penumpang di terminal Alang Alang Lebar Palembang (ANTARA FOTO/Feny Selly)

Anom menuturkan, beberapa gereja telah memberi kabar akan tetap melakukan Misa Natal. Polisi pun meminta pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) harus tetap dilakukan.

"Bagi umat Nasrani, kami sudah berkoordinasi dengan pemangku kepentingan untuk menerapkan prokes dalam perayaan ibadah Misa Natal nanti," jelas dia.

Baca Juga: Mutasi Virus Corona Ditemukan, Arab Saudi Bakal Tutup Penerbangan

2. Polrestabes Palembang tetap mewaspadai ancaman terorisme

Sterilisasi Gereja Jelang Natal, Ini Langkah Polrestabes PalembangKapolrestabes Palembang, Anom Setyadji (IDN Times/Rangga Erfizal)

Sedangkan untuk Tahun Baru, pihaknya mengimbau tidak ada kerumunan masyarakat. Tempat perayaan Tahun Baru di Palembang seperti Benteng Kuto Besak (BKB) dan Jembatan Ampera akan dijaga oleh tim gabungan lintas instansi.

"Hindari kerumunan yang mengundang banyak orang. Jangan sampai ada pelanggaran," jelas dia.

Selain itu, pihaknya tetap akan mewaspadai ancaman terorisme seperti yang diingatkan oleh Kapolri Jenderal Idham Azis. Menurut Anom, ada 11 pos pengamanan dan tiga pos pelayanan yang disiagakan di titik strategis Palembang.

"Sudah saya ingatkan, ini operasi kemanusiaan, semua pos harus tetap waspada," jelas dia.

Baca Juga: Sekda Lahat Meninggal Akibat COVID-19: Berulang Kali Memohon Maaf 

3. Sebanyak 439 personel disiagakan pengamanan Operasi Lilin Musi 2020

Sterilisasi Gereja Jelang Natal, Ini Langkah Polrestabes PalembangIlustrasi. Pemeriksaan protokol kesehatan di tempat hiburan malam. ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Sementara itu Kabag Ops Polrestabes Palembang, AKBP Eddy Aprianto Haka menuturkan, operasi lLilin Musi yang dilakukan di Palembang akan berlangsung dari 21 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021 mendatang.

"Total ada 439 personel gabungan yang mengamankan Nataru saat operasi Lilin Musi 2020 berlangsung," jelas dia.

4. Pelanggar prokes akan ditindak dengan Perwali

Sterilisasi Gereja Jelang Natal, Ini Langkah Polrestabes PalembangSambutan Anom Setyadji di Ruang Rapat DPRD Palembang, dalam acara sosialisasi penerapan Perwali Nomor 27 Tahun 2020, Senin (14/9/2020). IDN Times/Feny Maulia Agustin

Menurutnya, Polrestabes Palembang tidak segan membubarkan kerumunan yang melanggar prokes. Meski semua bentuk perayaan tahun baru di Palembang dilarang, namun polisi tidak akan menutup kawasan Jembatan Ampera.

"Lalu lintas tidak dialihkan karena tidak ada perayaan. Kami akan membubarkan dan memberi sanksi dengan Perwali jika masih ada yang melanggar," tutup dia.

Baca Juga: Catat! Masuk Wilayah Sumsel Periode Nataru Diperiksa Kondisi Kesehatan

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya