Ribuan Nakes RSMH Palembang Jalani Vaksinasi Tahap Tiga

Vaksin Moderna sebagai booster khusus bagi nakes

Palembang, IDN Times - Ribuan tenaga kesehatan (nakes) Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang, menerima vaksinasi tahap ketiga hari ini, Rabu (4/8/2021). Vaksinasi tahap ketiga khusus nakes akan berlangsung hingga 10 Agustus mendatang.

"Jumlah nakes yang akan disuntik ada 3.200 orang. Kita mendapat alokasi dari Dinkes Sumsel dan skema penyuntikan akan dilakukan bertahap," ungkap Direktur Utama RSMH Palembang, Bambang Eko Sunaryanto, Rabu (4/8/2021).

1. Garda terdepan harus dilindungi

Ribuan Nakes RSMH Palembang Jalani Vaksinasi Tahap Tigailustrasi tenaga kesehatan (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Eko menambahkan, vaksinasi dosis ketiga bagi nakes dikhususkan sebagai antiboi selama melakukan tugasnya. Para nakes memiliki kerentanan atau terpapar virus. Diharapkan, vaksinasi ini bisa membuat kesehatan mereka terjaga.

"Nakes ini pelayan kesehatan publik, dapat dikatakan garda terdepan. Jadi imun mereka harus diperkuat supaya pelayanannya maksimal," ujar dia.

Baca Juga: 30 Orang Pasien COVID-19 Meninggal dalam Sehari di Palembang

2. Sudah sulit membedakan seseorang terpapar atau tidak

Ribuan Nakes RSMH Palembang Jalani Vaksinasi Tahap Tigailustrasi tenaga kesehatan (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Selama pandemik, pihaknya mencatat dari sekitar 150 orang nakes yang terpapar COVID-19, empat orang sudah meninggal dunia. Nakes yang meninggal yakni pada 2020 dari bagian rawat inap dan radiologi, sedangkan pada 2021 ada dua orang dari bagian penyakit dalam dan kepala unit rawat jalan.

"Sekarang kita tidak bisa memprediksi mana yang OTG mana yang terpapar, Apalagi jumlah pasien saat ini terus meningkat," jelas dia.

3. Vaksin Moderna dikhususkan untuk nakes

Ribuan Nakes RSMH Palembang Jalani Vaksinasi Tahap TigaRelawan Indonesia Bersatu Lawan COVID-19 melakukan tes cepat COVID-19 (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Sumatra Selatan (P2P Dinkes Sumsel), Ferry Yanuar mengakui, vaksin moderna telah dibagikan ke seluruh kabupaten dan kota. Sejauh ini hanya nakes yang akan mendapat alokasi dosis ketiga.

"Kalau untuk masyarakat umum masih dosis kedua. Karena dosis ketiga ini dikhususkan untuk nakes," jelas dia.

4. Layanan kesehatan tidak boleh lumpuh

Ribuan Nakes RSMH Palembang Jalani Vaksinasi Tahap TigaInstagram.com/rumahsakitlapangan

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sumsel, Rizal Sanif mengatakan, vaksinasi booster ini akan semakin meningkatkan kepercayaan diri para nakes saat bekerja. Menurutnya, nakes merupakan pelayan dan benteng menghadapi pandemik.

"Jika nakes terpapar COVID-19, hal itu dapat berpengaruh pada pelayanan di suatu fasilitas pelayanan kesehatan," tutup dia.

Baca Juga: Herman Deru: PPKM Level 4 di Sumsel Masuk Kategori Rendah

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya