Puluhan Ribu Benih Lobster Senilai Rp10,9 Miliar Berhasil Diamankan

Benih lobster diduga akan dibawa ke Jambi atau Pekanbaru

Palembang, IDN Times - Unit Pidana Khusus dan Ranmor Satuan Reskrim Polrestabes Palembang berhasil mengungkap penyelundupan benih lobster senilai Rp10,9 miliar. Benih lobster itu rencananya akan dibawa ke luar negeri oleh para penyelundup dari sebuah mobil di kawasan Talang Jambe, Palembang, Kamis (19/8/2021) sekitar pukul 23.00 WIB.

"Total ada benih lobster jenis mutiara 7.623 ekor dan jenis pasir ada 62.784 ekor. Jadi total keseluruhan ada 70.407 ekor dengan nilai Rp10,942,2 miliar," ungkap Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Irvan Prawira Satyaputra, Jumat (20/8/2021).

1. Lobster dibungkus 455 kantong plastik

Puluhan Ribu Benih Lobster Senilai Rp10,9 Miliar Berhasil Diamankanilustrasi Benih lobster siap selundup (IDN Times/istimewa)

Irvan menjelaskan, penangkapan benih lobster berawal dari informasi masyarakat. Saat itu ditemukan mobil Xenia dengan nomor polisi BG 2815 YK tanpa pengemudi. Tim langsung bergerak memeriksa isi mobil.

"Tim bergerak menemukan mobil sudah kosong. Namun ditemukan ada 13 sterofom berisi 455 kantong plastik. Saat dibuka ada benih lobster," jelas dia.

Baca Juga: 225.664 Benih Lobster Gagal Diselundupkan ke Luar Negeri Via Sumsel

2. Benih diduga berasal dari Pulau Jawa

Puluhan Ribu Benih Lobster Senilai Rp10,9 Miliar Berhasil DiamankanPenyelundupan  Baby Lobster jenis Mutiara dan Pasir di wilayah Sumatra Selatan. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Menurut Irvan, pihaknya memperkirakan jika benih lobster tersebut berasal dari Jawa Barat atau Banten. Namun pihaknya masih melakukan penyelidikan mengenai tujuan benih.

"Dugaan kita akan dibawa ke Jambi atau Banten dulu," jelas dia.

Baca Juga: Modus Penyelundupan 121.942 Baby Lobster Kini Mirip Narkoba

3. Polisi kejar pelaku penyelundupan

Puluhan Ribu Benih Lobster Senilai Rp10,9 Miliar Berhasil DiamankanPenyelundupan  Baby Lobster jenis Mutiara dan Pasir di wilayah Sumatra Selatan. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Mobil tersebut sengaja ditinggalkan agar diambil kurir lain, dan membawanya ke tujuan selanjutnya. Kepolisian masih mengejar pelaku penyelundupan benih lobster tersebut.

"Para pelaku tidak kita dapatkan. Kita sudah menunggu sampai pagi di lokasi namun pemilik maupun sopir mobil tersebut tidak kembali lagi," tutup dia.

Baca Juga: Warga Krui Penyelundup Benih Lobster ke Sumsel Diancam 8 Tahun Penjara

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya