Perahu Rombongan Peziarah Terbalik, Empat Guru Honerer di OI Tewas

Polisi masih lakukan investigas penyebab kapal terbalik

Ogan Ilir, IDN Times - Duka mendalam dirasakan sekolah SMA Nurul Yakin, Tanjung Batu, Ogan Ilir (OI). Niat berziarah ke makam leluhur warga setempat, Said Umar Bagindo Sari di Desa Tanjung Atap, justru merenggut empat nyawa guru honorer sekolah tersebut.

Perahu yang membawa guru untuk berziarah justru terbalik, dan membuat mereka tewas tenggelam dalam insiden tersebut. "Info yang kami dapatkan perahu tenggelam pada siang sekitar pukul 13.00 WIB. Dugaan sementara perahu kelebihan muatan," ujar Kapolres OI, AKBP Imam Tarmudi kepada IDN Times, Selasa (26/5).

1. Perahu diisi delapan orang guru

Perahu Rombongan Peziarah Terbalik, Empat Guru Honerer di OI TewasIDN Times/Mia Amalia

Dari data yang dihimpun, 13 orang guru honorer setempat berangkat dalam dua rombongan berbeda dengan satu perahu yang sama. Perahu pertama dikemudikan oleh Zainal (60), berangkat mengangkut lima penumpang menyeberangi Lebak Penesak, sebutan warga setempat untuk sungai kecil.

Lima penumpang pertama berhasil sampai makam lebih dulu, sehingga juru mudi kembali mengangkut delapan penumpang lain yang menunggu. Saat akan menyeberang kedua kalinya, perahu oleng dan terbalik.

Sembilan orang termasuk juru mudi terjatuh ke sungai. Empat orang guru berhasil menyelamatkan diri bersama juru kemudi kapal, sedangkan empat orang sisanya tenggelam hingga terbawa arus sungai.

"Korban meninggal dunia yakni Wiwin (30), Rofiko (36), M. Azam Purba (30), dan Deti (28). Sedangkan empat orang lainnya berserta juru kemudi perahu selamat dalam kejadian itu," ujar dia.

Baca Juga: Ombudsman Sumsel Sebut Pemecatan 109 Nakes OI Maladministrasi  

2. Proses evakuasi berlangsung 15 menit

Perahu Rombongan Peziarah Terbalik, Empat Guru Honerer di OI TewasIlustrasi Kapal Tenggelam (IDN Times/Arief Rahmat)

Proses evakuasi berlangsung cepat karena dibantu warga dan pihak kepolisian setempat. Saat ini semua korban telah dibawa ke rumah duka masing-masing untuk dimakamkan. Sedangkan sejumlah rekan korban yang selamat masih menjalani perawatan di Puskesmas setempat.

"Sejauh ini 13 orang itu kita ketahui merupakan rombongan peziarah. Proses pencarian terhadap korban berlangsung 10 hingga 15 menit," jelas dia.

Baca Juga: [WANSUS] Dibully Eks Narkoba, Ini Respons Mantan Bupati Ogan Ilir

3. Polisi dalami kejadian terbaliknya perahu

Perahu Rombongan Peziarah Terbalik, Empat Guru Honerer di OI TewasIlustrasi jenazah (IDN Times/Mia Amalia)

Pihak kepolisian ungkap Imam Tarmudi, melakukan investigasi kecelakaan kapal untuk menyelidiki potensi unsur pidana, kelalaian, atau murni kecelakaan. Beberapa penumpang masih dalam proses penyembuhan untuk ditanya lebih dalam mengenai kejadian ini.

"Masih kita dalami. Kita kumpulkan bukti-bukti dan keterangan saksi," tandas dia.

Baca Juga: Panjat Pohon Kelapa Tengah Malam, Santri Asal Ogan Ilir Tewas

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya