Pelajar SMA Palembang Duel dengan Begal Demi Mempertahankan Motor

Pelaku sempat memelas minta diantar korban di tengah jalan

Palembang, IDN Times - Upaya begal terekam kamera masyarakat terjadi di Jalan Letjen Ibnu Sutowo Komplek Springhill, Kecamatan Alang-Alang Lebar, Palembang. Pelaku bernama Dodi (30) gagal melakukan begal dan menjadi bulan-bulanan masyarakat.

Dalam video tersebut pelaku terlihat menyeret paksa korban seorang pelajar SMA bernama Dwi Aji Pangestu (18) yang jatuh mempertahankan kendaraannya. Pelaku bahkan mengangkat tubuh korban dan membantingnya ke tanah, lalu mencoba memukul dengan tabung gas.

"Pelaku pura-pura minta diantar korban ke suatu tempat. Tapi dalam perjalanan pelaku hendak menurunkan korban secara paksa sampai akhirnya mereka terjatuh," ungkap Kapolsek Sukarami, Kompol M Ikang Ade Putra, Kamis (24/8/2023).

Baca Juga: Penggali Kubur di Palembang Nyambi Jadi Begal Saat Tunggu Peziarah

1. Pelaku berdalih sedang tagih utang

Pelajar SMA Palembang Duel dengan Begal Demi Mempertahankan MotorPelajar SMA bernama Dwi Aji (baju merah) dan Begal bernama Dodi (Baju biru) di Polsek Sukarami Palembang (Dok: istimewa)

Warga yang awalnya menyaksikan pertengkaran itu mulai berdatangan. Mereka mengira jika korban adalah pelaku begal, sedangkan pelaku menjadi korban. Namun setelah mengetahui duduk persoalannya, warga menjadi emosi dan menangkap pelaku.

Dalam video yang beredar itu, pelaku dipukuli warga menggunakan batu, helm, dan material lainnya. "Pelaku sempat berdalih sedang menagih utang," jelas dia.

Baca Juga: Begal Bunuh Driver Ojol di Banyuasin, Minta Antar Tanpa Aplikasi

2. Pelaku minta diantarkan korban

Pelajar SMA Palembang Duel dengan Begal Demi Mempertahankan MotorIlustrasi begal (IDN Times/Mardya Shakti)

Mendapat laporan masyarakat itu, polisi pun akhirnya mendatangi TKP dan menangkap pelaku. Dari hasil pemeriksaan, antara pelaku dengan korban tidak saling mengenal.

Korban awalnya hendak membeli gas namun tiba-tiba pelaku meminta tolong untuk menumpang dan diantarkan ke suatu tempat. "Peristiwa ini terjadi siang hari di tengah keramaian," jelas Ikang.

3. Pelaku dan korban sempat bergulat

Pelajar SMA Palembang Duel dengan Begal Demi Mempertahankan MotorIlustrasi (IDN Times/Mardya Shakti)

Korban Aji menerangkan saat itu dirinya bertemu dengan pelaku yang memelas untuk diantarkan. Karena kasihan, korban memberi tumpangan meski pelaku sempat memaksa untuk membawa motor.

Di tengah jalan, pelaku menyikut korban dan menarik kerah bajunya hingga terjatuh. Tapi korban berusaha mempertahankan motornya dan berbalik melakukan perlawanan sambil berteriak meminta pertolongan warga.

"Leher dia (pelaku) kucekik akhirnya kami sama-sama jatuh. Dia juga pukul saya pakai tabung gas," tutup korban.

Baca Juga: Bocah SMP di Palembang Dibawa ke RS, Ternyata Dibegal Pacar

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya