Pasien Sembuh COVID-19 di Sumsel Bertambah 29 Orang

Palembang bersiap transisi menuju #NormalBaru 

Palembang, IDN Times - Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Sumatera Selatan (Sumsel), Yusri, mengumumkan pasien positif yang survive dan sembuh hari ini mencapai 29 orang. Penambahan kasus sembuh itu tersebar di lima kabupaten dan kota serta pasien asal luar daerah. 

"Hari ini kasus sembuh kita cukup banyak, ada 29 orang sehingga total pasien sembuh sejauh ini sudah 255 orang. Mereka berasal dari Palembang 10 orang, Lahat enam orang, OKI lima orang, OKU empat orang, Banyuasin tiga orang dan dari luar Sumsel satu orang," ujar Yusri, Kamis (4/6).

Mereka yang sembuh di antaranya merupakan pasien orang tanpa gejala (OTG) yang sebelumnya menjalani isolasi mandiri. Sebagian lagi merupakan pasien yang telah menjalani perawatan di rumah sakit.

1. Pasien positif bertambah 27 orang dan meninggal dua orang

Pasien Sembuh COVID-19 di Sumsel Bertambah 29 Orangproses pemakaman jenazah dengan protokol kesehatan COVID-19 (ANTARA FOTO/FB Anggoro)

Sedangkan untuk pasien terkonfirmasi positif hari ini juga bertambah 27 orang, berasal dari delapan kabupaten dan kota yakni Palembang 17 orang dan Muba empat orang. Lalu Lahat, Musi Rawas, Prabumulih, Lubuk Linggau, OKU, dan OI masing-masing satu orang,

"Sejauh ini total pasien positif di Sumsel sudah mencapai 1.056 orang. Kami mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku," ujar dia.

Kasus pasien positif yang meninggal juga bertambah dua orang. Satu berasal dari Kota Palembang dan satu orang lagi berasal dari Muba. "Meraka telah dimakamkan sesuai standar protokol," jelas dia.

Baca Juga: PSBB Palembang Berlanjut, Dishub Justru Kurangi Titik Check Point

2. Sampel OTG di Sumsel bertambah

Pasien Sembuh COVID-19 di Sumsel Bertambah 29 OrangIlustrasi. Ruang deteksi polymerase chain reaction (PCR)/ANTARA FOTO/Moch Asim

Lalu untuk perkembangan kasus sampel yang hari ini masih diperiksa oleh BBLK Palembang ada sekitar, 4.745 orang. Ada peningkatan sampel yang masuk terdiri dari, sampel OTG 3766, PDP 779 dan ODP 200 orang.

Pada kasus ODP hari ini terus meningkat sebanya, 6.565, dengan selesai pemantauan 4.292 dan masih dalam pemantauan 2.253. Kasus PDP ada 639 orang, atau bertambah 30 orang hari ini. Untuk kasus selesai pengawasan 260 orang dan masih dalam pengawasan 379 orang.

"Sampel yang telah keluar hasilnya ada 1.056 orang dan dinyatakan positif sampai hari ini. Sedangkan negatif sudah ada 553 sampel," ujar dia.

3. Palembang menuju transisi normal baru

Pasien Sembuh COVID-19 di Sumsel Bertambah 29 OrangAhli Mikrobiologi Sumsel, Profesor Yuwono (IDN Times/Pemprov Sumsel)

Dikonfirmasi terpisah, Jubir Gugus Tugas Sumsel lainnya, Profesor Yuwono mengatakan, saat ini proses PSBB tahap kedua di kota Palembang telah berjalan. Pada PSBB Palembang itu akan berlaku proses transisi menuju new normal, seperti membuka masjid dan mal dengan menggunakan standar protokol kesehatan.

"Pembukaan masjid adalah bagian dari transisi ke New Normal, bukan PSBB yang dilonggarkan. Maka dari itu, masjid harus tetap melakukan protokol kesehatan agar menjadi contoh masjid lainnya," tandas dia.

Baca Juga: Pengelola Pasar di Palembang Bikin Jalur Masuk dan Keluar Terpisah

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya