Mulai Besok, Tol Indralaya Prabumulih Gratis Dibuka untuk Umum

Tol Indra-Prabu punya rest area di KM 65 jalur A dan B

Palembang, IDN Times - PT Hutama Karya akan membuka jalan tol Indralaya-Prabumulih (Indraprabu) mulai 30 Agustus 2023 mendatang. Tol Indraprabu dibuka setelah mengantongi Sertifikat Laik Operasi (SLO) setelah diperiksa oleh Kementerian PUPR.

"Jalan tol ini sudah siap untuk kami operasikan, karena sebelumnya telah diuji coba dan dioperasikan secara fungsional saat momen mudik Lebaran 2023," ungkap Executive Vice President (EVP) Divisi Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo, Selasa (29/8/2023).

Baca Juga: Tol Indraprbu Segera Diresmikan, Akses Jalan Cuma Sejam

1. Antusiasme masyarakat diklaim tinggi

Mulai Besok, Tol Indralaya Prabumulih Gratis Dibuka untuk UmumJalan Tol Indralaya-Prabumulih (Dok: Hutama Karya)

Tjahjo menerangkan selama massa uji coba fungsional tersebut, jalan penghubung dua kota di Sumsel mendapat sambutan animo masyarakat. Setidaknya ada 83 ribu kendaraan yang melintas kala itu. Tol sepanjang 63,5 kilometer rersebut juga mencatatkan hasil yang baik selama uji coban.

"Melihat antusiasme yang cukup besar, kami berharap trafik di ruas tol ini cukup banyak," jelas dia.

Baca Juga: Tol Baleno Rampung 2024, Pj Bupati Muba Minta Tambah Exit Tol

2. Ruas Indra-Prabu masih gratis usai dibuka untuk umum

Mulai Besok, Tol Indralaya Prabumulih Gratis Dibuka untuk UmumJalan Tol Indralaya - Prabumulih. (dok. Hutama Karya)

Fasilitas ruas tol Indraprabu telah sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) di jalan tol, salah satunya menyediakan (dua) rest area yang berada di KM 65 Jalur A maupun B. Adapun pengoperasian ruas jalan tol ini diawali dengan sosialisasi beroperasi tanpa tarif atau belum berbayar, serta penggunaan kartu uang elektronik.

"Para pengguna jalan tol tetap harus tapping kartu agar bisa keluar dan masuk," jelas dia.

3. Tarif tol diperkirakan Rp1.338 per kilometer

Mulai Besok, Tol Indralaya Prabumulih Gratis Dibuka untuk UmumJalan Tol Indralaya - Prabumulih. (dok. Hutama Karya)

Untuk kondisi terkini jalan tol, Hutama Karya mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar selalu mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol.

Selain itu, pengguna jalan tol diharapkan berkendara dengan kecepatan minimum dan maksimum sesuai yang dipersyaratkan, dan tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat.

"Nantinya estimasi tarif yang berlaku sekitar Rp1.338 per kilometernya, tapi detail lebih lengkap akan kami infokan setelah Kepmen tarif jalan tol ini telah dikeluarkan oleh Menteri PUPR," tutup dia.

Baca Juga: Baru Saja Difungsikan, Kabel dan Besi Tol Indraprabu Hilang Dicuri

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya