Tol Indraprbu Segera Diresmikan, Akses Jalan Cuma Sejam

Akses Palembang-Prabumuliih hanya berjarak 64,5 kilometer

Palembang, IDN Times - Jalan tol trans Sumatra ruas Indralaya-Prabumulih akan dibuka untuk umum. Jalan tol yang dibangun sejak 2019 silam diklaim sudah selesai 100 persen, tinggal menununggu peresmian Presiden Joko 'Jokowi' Widodo.

"Jalan tol ini sudah siap dioperasikan dalam waktu dekat. Konstruksinya sudah rampung 100 persen," ungkap Executive Vice President Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo, Jumat (11/8/2023).

Baca Juga: Jalan Tol Bengkulu-Lubuk Linggau Sejauh 16 Kilometer Dimulai 2024

1. Tol Indra-Prabu pangkas waktu 1 jam

Tol Indraprbu Segera Diresmikan, Akses Jalan Cuma SejamGerbang Tol Prabumulih, Kecamatan Indralaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatra Selatan. (dok. Hutama Karya)

Tjahjo menerangkan, tol sepanjang 64,5 kilometer yang menghubungkan kedua wilayah telah melewati uji kelaikan. Bahkan tol Indralaya-Prabumulih tersebut yelah menerima Sertifikat Laik Operasi (SLO) dari Direktorat Jenderal Bina Marga, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada Juli 2023 lalu.

"Jika melalui tol ini, hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam dari Palembang menuju Prabumuli. Jika menggunakan jalan arteri akan menghabiskan waktu 2 jam," jelas dia.

Baca Juga: Baru Saja Difungsikan, Kabel dan Besi Tol Indraprabu Hilang Dicuri

2. Menjawab antusias dan kebutuhan masyarakat

Tol Indraprbu Segera Diresmikan, Akses Jalan Cuma Sejam(Gerbang tol Prabumulih) IDN Times/Istimewa

Dirinya menambahkan, secara keseluruhan tol ini dirancang untuk kecapatan 100 kilomter per jam, dengan beragam fasilitas seperti rest area, dua simpang susun, dan 18 jembatan. Pada Mei 2023 silam, pihaknya telah membuka tol untuk arus mudik secara fungsional dan berjalan lancar.

"Antusiasme masyarakat cukup besar, menjadi komitmen kami untuk memastikan pemenuhan standar manajemen dan keselamatan lalu lintas bagi pengguna jalan tol," ungkap dia.

3. Gubernur Sumsel akui tol bermanfaat

Tol Indraprbu Segera Diresmikan, Akses Jalan Cuma SejamKendaraan yang melintas di Gerbang Tol Prabumulih, Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) saat arus balik Lebaran 2023. (dok. Hutama Karya)

Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel), Herman Deru menjelaskan, percepatan Jalan Tol Indralaya-Prabumulih penting dilakukan, mengingat kebutuhan jalan tol di Sumsel sudah cukup tinggi.

"Saya lihat progres pembangunan jalan tol ini tepat waktu. Bahkan beberapa jembatan penghubung jalan tol ini juga telah dibangun," tutup dia.

Baca Juga: Jalan Tol Kapal Betung Ditargetkan Bisa Dilintasi Agustus 2023

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya