LVRI Sumsel Sebut Pemprov Tak Peduli Kesejahteraan Veteran

Veteran Sumsel pastikan tak ada lagi bantuan dari Pemprov

Palembang, IDN Times - Sebanyak 303 orang veteran yang bermukim di ilayah Sumatra Selatan (Sumsel) meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) agar lebih memperhatikan nasib mereka. Saat para veteran tak lagi bertempur di medan perang, mereka tinggal menikmati hasil jerih payah puluhan tahun silam dalam menjaga kedaulatan bangsa.

Jelang Hari Kemerdekaan ke-77 Indonesia, para veteran memperingati Hari Veteran Nasional (Harvetnas) di Auditorium Bina Praja, Kantor Gubernur Sumsel, Rabu (10/8/2022). Dalam pertemuan tersebut para veteran menyebut perlu perhatian pemerintah berupa tunjangan sebagai bentuk perhatian.

"Sebelumnya ada tapi yang diterima para veteran sebesar Rp300.000 per veteran. Namun sejak beberapa tahun terakhir sudah tidak menerima," ungkap Ketua DPD Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Sumsel, Ramses, Rabu (10/8/2022).

Baca Juga: Kenang Veteran Palembang Era 60-an Berperang Melawan Malaysia

1. Kesejahteraan veteran sudah sering disampaikan dalam pertemuan bersama

LVRI Sumsel Sebut Pemprov Tak Peduli Kesejahteraan Veteranperingatan Hari Veteran Nasional (Harvetnas) di Auditorium Bina Praja (Dok: Humas Pemprov Sumsel)

Meski sudah tak ada lagi tali asih dari pemerintah daerah, para veteran masih menerima uang pensiun dan tunjangan yang diterima setiap bulan. Bagi Ramses dan 303 orang veteran, minimnya bantuan tali asih itu bukan persoalan karena pengabdian dan tugas untuk menjaga negeri.

Ramses mencatat jumlah veteran yang tersisa saat ini berjumlah 119 orang sebagai Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia (PKRI), dan berjuang dalam masa revolusi fisik antara 17 Agustus 1945-27 Desember 1949. Jumlah tersebut terus menyusut dibanding tahun 2015 lalu yang mencapai 781 veteran.

"Beberapa veteran yang masih butuh perhatian pemerintah. Sudah pernah kami sampaikan mengenai kesejahteraan para veteran ke Pemprov, tapi sampai sekarang belum ada realisasi. Tapi, kami mengabdi bukan melihat uang. Pengabdian kami hanya untuk bangsa dan negara. Dulu saja tidak ada gaji, tapi jiwa raga kami siap untuk merdeka," jelas dia.

Baca Juga: Cerita Atlet Veteran 70-an Dibekali Gubernur Rp50 ribu ke Olimpiade

2. Veteran dirasa tak lagi diperhatikan pemerintah

LVRI Sumsel Sebut Pemprov Tak Peduli Kesejahteraan Veteranperingatan Hari Veteran Nasional (Harvetnas) di Auditorium Bina Praja (Dok: Humas Pemprov Sumsel)

Satoesin YP (83) seorang veterang Sumsel juga mengaku jika kesejahteraan veteran masih jauh dari kata sejahtera. Dirinya merasa veteran tidak begitu diperhatikan pemerintah. Dirinya hingga saat ini hanya mengandalkan sisa uang pensiun dan tunjangan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Saya dapat uang tunjangan dan pensiun Rp1,8 juta. Jumlahnya cukup memenuhi kebutuhan. Memang untuk tali asih sekarang sudah tidak terima lagi," kata veteran yang pernah bertugas di Sinai, Israel.

3. Sekda Sumsel maknai Harvetnas untuk lanjutkan perjuangan

LVRI Sumsel Sebut Pemprov Tak Peduli Kesejahteraan VeteranSekda Sumsel, SA Supriono (Dok: Humas Pemprov Sumsel)

Sekda Sumsel, SA Supriono mengatakan, peringatan Harvetnas merupakan bentuk penghargaan dan penghormatan bagi pahlawan pejuang bangsa.

Penerus bangsa katanya, diminta untuk mengisi kemerdekaan yang telah diwariskan tersebut.

Baca Juga: Baznas Palembang: 70 Persen ASN Pemkot Tidak Bayar Zakat 

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya