Konsumsi Ikan Belida Dilarang, Sumsel Bakal Mengadu ke Pusat 

Ikan Belida selama ini diolah menjadi pempek dan pindang

Palembang, IDN Times - Olahan makanan khas Palembang seperti pempek, pindang, dan kerupuk telah dilarang diproduksi menggunakan ikan Belida. Menanggapi Peraturan Menteri KKP Nomor 1 Tahun 2021 lalu, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Sumsel, Widada Sukrisna mengatakan, pihaknya masih mencari celah untuk membahas Permen ke pemerintah pusat.

Pasalnya, olahan Ikan Belida sampai sejauh ini masih menjadi favorit masyarakat. Pihaknya perlu membahas lebih lanjut untuk mendapatkan kepastian mengenai penetapan Belida sebagai bagian hewan dengan status perlindungan penuh.

"Karena memang selama ini pengolahan pempek dan pindang menggunakan Belida di Sumsel, bukan dari ikan tangkapan. Ikan Belida didatangkan biasa dari Riau atau Kalimantan. Kita akan konsultasi dengan Pak Menteri, cuma memang belum ada kesempatan," ungkap Widada, Kamis (2/9/2021).

1. Belida sudah coba diternakan di Kalimantan namun gagal

Konsumsi Ikan Belida Dilarang, Sumsel Bakal Mengadu ke Pusat Instagram:bkbpapalembang

Widada menjelaskan, olahan Belida menjadi makanan khas yang dibanderol mahal. Hal tersebut terjadi karena hewan tersebut langka di perairan Sungai Musi dalam beberapa tahun terakhir. Selama ini, KKP telah berusaha untuk melakukan ternak Belida namun belum pernah berhasil.

"Untuk menjaga agar populasinya tetap terjaga, KKP telah berusaha untuk beternak Belida. Namun memang belida belum bisa diternak, baru bisa dibesarkan saja. Pembudidayaan Belida baru dilakukan di Kalimantan, belum di Sumsel," ungkap dia.

Baca Juga: Pemerintah Larang Konsumsi Ikan Belida, Denda Paling Kecil Rp250 Juta

2. Pengusaha pempek mengganti dengan ikan putak

Konsumsi Ikan Belida Dilarang, Sumsel Bakal Mengadu ke Pusat Ilustrasi ikan Belida (Kementerian Kelautan dan Perikanan)

Menurut Widada, Ikan Belida kurang dikonsumsi oleh masyarakat Kalimantan. Hal ini yang mendasari banyak pengusaha kuliner di Palembang mendatangkan bahan olahan langsung dari sana. Namun sejak ada larangan tersebut, para pengusaha mulai mengalihkan penggunaan Belida.

"Khusus pempek, para pengusaha kuliner menggantinya dengan ikan Putak. Karena untuk pemasok ikan putak cukup banyak, namun ikannya berbeda jauh jenis dengan Belida," ujar dia.

3. Dinas Perikanan mendapat banyak keluhan dari pengusaha

Konsumsi Ikan Belida Dilarang, Sumsel Bakal Mengadu ke Pusat Tugu Ikan Belida (Instagram.com/_jackphotos)

Pihaknya berharap pelarangan Ikan Belida mendapat solusi. Widada menjelaskan, pihaknya pun tetap menyosialisasikan larangan tersebut agar masyarakat memahami populasi Ikan Belida sudah terbatas di Sumsel dan harus dilindungi.

"Akan kita lakukan sosialisasi, termasuk sanksi jika melanggar. Kita juga banyak menampung kekecewaan pengusaha pempek karena mereka masih berharap Ikan Belida dapat dikonsumsi. Belida masih jadi favorit," tutup dia.

Baca Juga: Tangkap Ikan Belida Palembang Tanpa Izin Termasuk Perbuatan Kriminal

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya