Tangkap Ikan Belida Palembang Tanpa Izin Termasuk Perbuatan Kriminal

Kini, Sumsel memasok ikan Belida dari Kalimantan

Palembang, IDN Times - Dinas Perikanan Kota Palembang bakal menyita tempat penangkaran ikan belida yang tidak memiliki izin. Apalagi menangkap ikan bernama latin Notopterus notopterus. Belida merupakan ikan endemi Bumi Sriwijaya yang termasuk hewan dilindungi.

"Jadi sesuai kebijakan yang berlaku, penangkapan ikan belida harus punya izin dari KLHK (Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan)," ujar Kepala Dinas Perikanan Palembang, Afrizal, Jumat (13/8/2021).

1. Penangkaran ikan belida harus izin KLHK

Tangkap Ikan Belida Palembang Tanpa Izin Termasuk Perbuatan KriminalSuasana kota Palembang di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) saat corona mewabah (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Berdasarkan aturan pemerintah pusat, penangkaran ikan belido ilegal masuk dalam aktivitas kriminal. Sebab dalam peraturan pemerintah, tertulis ikan belida harus dilindungi sebagai salah satu ikan yang mulai langka di Sungai Musi.

"Jadi penangkaran ikan belida ini harus ada izin dari Balai Karantina. Kalau tidak ada izin maka akan disita," kata dia.

Baca Juga: Ternyata Palembang Punya Satai Khas, Namanya Sate Cucuk Manis

2. Pasokan ikan belida di Sumsel justru dikirim dari Kalimantan

Tangkap Ikan Belida Palembang Tanpa Izin Termasuk Perbuatan KriminalTugu belido di Palembang yang berada di lapangan BKB, Jembatan Ampera dan dekat tepian Sungai Musi (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Afrizal mengaku, sejauh ini ikan belida sudah sulit dikembangkan. Apalagi ikan tersebut termasuk predator. Sekarang, pasokan ikan belida di Palembang justru dikirim dari Kalimantan yang juga menjadi wilayah endemi belida.

"Meskipun dipasok dari Kalimantan, terkadang ikan belia ini tetap tidak diizinkan untuk dikembangkan di sini. Padahal, Palembang juga merupakan habitat aslinya. Kami cuma pasrah karena sudah jadi kewenangan kementerian," jelasnya.

3. Sebanyak 780 nelayan diberikan sosialisasi soal penangkapan ikan belida

Tangkap Ikan Belida Palembang Tanpa Izin Termasuk Perbuatan KriminalPemkot Palembang menebar benih ikan di Sungai Musi Palembang (IDN Times/Dokumen Kominfo Palembang)

Menurutnya, ikan belida masih dapat ditemui di beberapa sungai di Sumsel. Hanya saja sudah sulit ditemukan di sepanjang Sungai Musi.

"Saat ini, kami selalu memberikan sosialisasi kepada 780 nelayan tangkap agar tidak menangkap ikan belia, agar habitat ikan ini dapat terjaga di Sumsel," tandas dia.

Baca Juga: Dispar Palembang Bakal Tambah Ketek Wisata di Sungai Musi

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya