Konsumsi BBM di Sumbagsel Saat Nataru Diprediksi Naik 6 Persen

Pertamina jamin pasokan BBM dan LPG aman di empat provinsi

Palembang, IDN Times - Menghadapi Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru), Pertamina memastikan stok Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk wilayah Sumatra Bagian Selatan (Sumbagsel) aman, meski konsumsi BBM diprediksi meningkat enam persen.

Peningkatan konsumsi BBM akan terjadi di Lampung, Palembang, Bengkulu, Jambi, dan Bangka Belitung, dengan jenis BBM Gasoil/ Diesel hingga 4,6 persen.

"Untuk konsumsi LPG sekitar 1,2 persen, serta Avtur sekitar 19 persen. Proyeksi ini dibandingkan dengan rata-rata konsumsi normal pada Oktober 2023," ungkap Area Manager Communication, Relation & CSR Sumbagsel, Tjahyo Nikho Indrawan, Senin (19/12/2022).

Baca Juga: 13 Ribu Kendaraan Diprediksi Melintas di Tol Kayuagung Saat Nataru

1. Siapkan SPBU kantong selama Nataru

Konsumsi BBM di Sumbagsel Saat Nataru Diprediksi Naik 6 PersenIlustrasi pengisian BBM di SPBU. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Prediksi kenaikan konsumsi BBM tersebut menurut Nikho sudah diantisipasi Pertamina. Pihaknya bahkan menyiapkan SPBU kantong dalam wujud mobil tangki yang disiagakan ke sejumlah SPBU.

"Ada 16 SPBU kantong dengan kapasitas mobil tangki penuh di titik-titik SPBU yang merupakan jalur mudik maupun area wisata, khususnya yang berpotensi adanya lonjakan kebutuhan," ungkap dia.

Baca Juga: Pengamanan di Perairan Sumsel Meningkat Jelang Nataru

2. Jalur wisata dan tol jadi perhatian Pertamina

Konsumsi BBM di Sumbagsel Saat Nataru Diprediksi Naik 6 PersenIDNTimes/Holy Kartika

Berkaca dari momen libur nasional, Pertamina menyediakan layanan energi pendukung di jalur potensial meliputi jalur tol, wisata, dan jalur lintas utama. Dari data yang ada, tot ada 87 SPBU Siaga, 347 Agen Siaga, dan 5.540 outlet Pangkalan LPG Siaga. Lalu empat unit Kios Pertamina Siaga, 15 unit Motoris atau Pertamina Delivery Service (PDS), serta fasilitas kesehatan.

"Ketersediaan BBM dan LPG dipastikan aman dan seluruh infrastruktur telah siap. Kesiapan infrastruktur Pertamina meliputi 10 Terminal BBM, 2 Terminal LPG, 660 SPBU, 61 SPBE, 469 Agen LPG, maupun 6 DPPU," jelas dia.

3. Pertamina bentuk Satgas Nataru

Konsumsi BBM di Sumbagsel Saat Nataru Diprediksi Naik 6 PersenIlustrasi pengisian BBM di SPBU Pertamina. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Tak sampai di sana, Pertamina juga turut membentuk Satuan Tugas Pengendalian dan Pemantauan Penyaluran BBM maupun LPG, sejak 15 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023 mendatang.

"Kami pastikan distribusi BBM, LPG, dan Avtur dalam kondisi aman dan lancar, serta mencukupi kebutuhan masyarakat saat Nataru," tutup dia.

Baca Juga: Tempat Wisata di Sumsel Tak Membatasi Jumlah Kunjungan Saat Nataru

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya