Kemenparekraf Buka Seleksi Mahasiswa Baru di Poltekpar Palembang

3.805 kuota mahasiswa baru dibuka di enam kampus Poltekpar

Palembang, IDN Times - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) kembali membuka program penerimaan mahasiswa baru di Politeknik Pariwisata (PMB-Poltekpar) tahun akademik 2023/2024.

Dari enam poltekpar di bawah naungan Kemenparekraf, ada sekitar 3.805 kuota mahasiswa baru yang dibuka untuk menyaring bibit Sumber Daya Manusia (SDM) terbaik.

"Poltekpar secara serentak membuka pendaftaran per kemarin. Poltekpar lulusannya semua terserap industri sehingga lulusan poltekpar kebanyakan belum lulus sudah bekerja di industri pariwisata," ungkap Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno, Selasa (14/2/2023).

Baca Juga: Kampus Merakyat, Poltekpar Palembang Tak Pungut Uang Pangkal Mahasiswa

1. Industri pariwisata bangkitkan ekonomi dan industri kreatif

Kemenparekraf Buka Seleksi Mahasiswa Baru di Poltekpar PalembangMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S Uno bersama direktur Poltekpar (Dok: Kemenparekraf)

Sandiaga menjelaskan, pengembangan SDM pariwisata yang unggul merupakan kunci dalam pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif. Hal ini bertujuan mendorong bangkitnya ekonomi dan lapangan kerja di bidang tourismpreneur, technopreneur dan sociopreneur.

"Karenanya kita terus menggalakkan untuk kuliah di Poltekpar aja," jelas dia.

Baca Juga: Poltekpar Palembang Genjot Kemampuan Bahasa Inggris 290 Mahasiswa

2. Poktekpar buka dua jalur penerimaan mahasiswa baru

Kemenparekraf Buka Seleksi Mahasiswa Baru di Poltekpar PalembangMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S Uno bersama direktur Poltekpar (Dok: Kemenparekraf)

Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Sekretaris Utama Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ni Wayan Giri Adnyani mengungkapkan, pendaftar ditargetkan mencapai 400 persen dari kuota yang tersedia atau sekitar 15 ribu.

"Sehingga dari 15 ribu itu kita bisa dapatkan calon SDM yang unggul," ujar Giri.

Dalam PMB Poltekpar kali ini, ada dua jalur penerimaan mahasiswa baru di lingkungan Politeknik Pariwisata. Pertama adalah melalui Seleksi Bersama Masuk Politeknik Pariwisata yang berada di lingkungan Kemenparekraf.

Pendaftaran dan seleksi dilakukan secara bersama dan terintegrasi antara Poltekpar NHI Bandung, Poltekpar Bali, Poltekpar Medan, Poltekpar Makassar, Poltekpar Palembang, dan Poltekpar Lombok.

Kemudian yang kedua adalah Seleksi Mandiri Masuk Poltekpar. Yakni seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan secara mandiri oleh Politeknik Pariwisata di bawah naungan Kemenparekraf sesuai dengan tahapan seleksi yang telah ditetapkan secara mandiri.

3. Poltekpar Palembang dukung pengembangan industri sport tourism

Direktur Poltekpar Palembang, Anwari Masatip mengatakan, Poltekpar Palembang juga melakukan pengembangan Sport Tourism. Hal ini dilakukan sejalan kebutuhan Palembang sebagai kota penyelenggara kegiatan olahraga skala internasional.

Pihaknya terus melakukan inovasi dengan melibatkan mahasiswa untuk memahami industri pariwisata dan olahraga dalam setiap kegiatan.

"Kita berkolaborasi dengan pemerintah daerah. Terlebih dalam setiap event berskala nasional dan internasional," tutup dia.

Tercatat ada enam Poltekpar yang ada di bawah naungan Kemenparekraf, yakni Poltekpar NHI Bandung, Poltekpar Bali, Poltekpar Medan, Poltekpar Makassar, Poltekpar Palembang, dan Poltekpar Lombok.

Baca Juga: Kemendikbud Dorong Poltekpar Palembang Berinovasi Ciptakan SDM Unggul 

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya