Kasus COVID-19 Palembang Tambah 63, Mobilitas Warga Jadi Alasan 

Virus masih berada di tengah-tengah masyarakat

Palembang, IDN Times - Kota Palembang masih menjadi wilayah penyebaran kasus positif tertinggi di wilayah Sumatra Selatan (Sumsel). Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sumsel mencatat, kasus positif baru terbanyak hari ini terjadi di Palembang dengan total 63 orang.

Penambahan juga terjadi di Prabumulih sebanyak dua orang. Dan satu orang lagi masing-masing berada di Mura, Pagaralam, Muara Enim, OKI, dan OKU Sselatan.

"Palembang masih tertinggi kasus COVID-19 lantaran wilayahnya padat dan pergerakan warganya juga banyak," ungkap Jubir Percepatan Penanggulangan COVID-19 Sumsel, Yusri, Jumat (17/7/2020).

1. COVID-19 masih berada di tengah masyarakat

Kasus COVID-19 Palembang Tambah 63, Mobilitas Warga Jadi Alasan Pedagang Pasar Kebon Semai Sekip Palembang mengikuti swab test pasca meninggalnya satu rekan mereka suspect COVID-19. (IDN Times/ Deryardli Tiarhendi)

Sebaran kasus positif yang secara angka kerap naik dan turun dalam berapa minggu terakhir, diharapkan tetap diwaspadai oleh masyarakat. Sebab virus masih ada di tengah-tengah masyarakat.

"Kasus masih terus berlangsung. Kami mengimbau patuhi protokol dengan cara inilah yang paling baik menghentikan virus. Pandemik akan berakhir, hanya ada di tangan kita jika mau. Maka dari itu mari patuhi protokol kesehatan," jelas dia.

Baca Juga: Terpapar COVID-19, Kondisi Wabup OKU Selatan Dikabarkan Sehat

2. Kasus sembuh bertambah 14 orang dan meninggal satu orang

Kasus COVID-19 Palembang Tambah 63, Mobilitas Warga Jadi Alasan Ilustrasi pemeriksaan rapid test di pasar Palembang (IDN Times/ Deryardli Tiarhendi)

Sementara itu, pasien sembuh mengalami penambahan 14 orang. Mereka yang sembuh berasal dari Palembang 11 orang, Lubuk Linggau dua orang dan Prabumulih satu orang. Sejauh ini sudah 1.390 orang yang berhasil bebas dari COVID-19.

Pasien meninggal dunia juga bertambah satu orang asal Palembang. Total sudah ada 136 orang yang meninggal dunia.

"Termasuk ada pegawai kita di Dinas Kesehatan Sumsel yang sempat positif dan kembali dinyatakan sehat. Sejauh ini juga total pasien yang masih aktif ada 1.368 orang," beber dia.

3. Kasus ODP dan PDP per hari ini

Kasus COVID-19 Palembang Tambah 63, Mobilitas Warga Jadi Alasan Pedagang Pasar Kebon Semai Sekip Palembang mengikuti rapid test pasca meninggalnya satu rekan mereka suspect COVID-19. (IDN Times/ Deryardli Tiarhendi)

Sedangkan orang dalam pantauan (ODP) di Sumsel hingga hari ini tercatat sudah 9.581 orang, selesai pemantauan 8.194 orang dan sisanya 1.387 orang lagi masih dalam pemantauan.

Lalu kasus pasien dengan pengawasan (PDP) atau suspek total sudah sebanyak 1.304 orang, 818 di antaranya selesai pengawasan, dan 486 orang lagi masih dalam pengawasan.

Baca Juga: Warga Miskin di Sumsel Naik 12,66 persen Sejak September 2014

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya