Jalan Lintas dan Tol Sumatra Prioritas Pengamanan Mudik Lebaran 2023

Personel gabungan bersiaga di 57 pos pengamanan

Palembang, IDN Times - Operasi Ketupat Musi 2023 akan difokuskan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pemudik yang melintas di wilayah Sumatra Selatan (Sumsel). Aparat kepolisian bersama tim gabungan lintas intansi, nantinya akan standby 24 jam di titik fokus pengamanan.

"Ada dua titik pengamanan lalu lintas, seperti jalan tol dan jalan lintas Sumatra. Beberapa pintu tol juga jadi prioritas agar tak terjadi kemacetan," ungkap Dirlantas Polda Sumsel, Kombes Pol M Pratama Adhyasastra, Jumat (7/4/2023).

Baca Juga: Data Pemilih Aktif di Padang Panjang Sumbar Hanya 50 Ribu Orang

1. Hambatan cuaca dan jalur rawan jadi catatan

Jalan Lintas dan Tol Sumatra Prioritas Pengamanan Mudik Lebaran 2023Ilustrasi tanah longsor (IDN Times/Sukma Shakti)

Pratama mengingatkan masyarakat soal wilayah rawan di Sumsel, khususnya jalur perbukitan.Demi mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, Polda Sumsel mengimbau masyarakat selalu meng-update informasi cuaca selama perjalanan.

"Kita juga mengantisipasi perubahan cuaca yang mengakibatkan terjadinya longsor, banjir, hingga dapat terganggunya Kamseltibcar lantas," jelas dia.

Baca Juga: Wanita Muda di Palembang Jual Mobil Rental Seharga Rp40 Juta

2. Polda Sumsel ingatkan masyarakat soal kondisi kendaraan

Jalan Lintas dan Tol Sumatra Prioritas Pengamanan Mudik Lebaran 2023Ilustrasi. Petugas kepolisian berjaga memantau arus mudik lebaran. (ANTARA FOTO/Didik Suhartono)

Dalam operasi Ketupat Musi 2023 ini, Polda Sumsel akan mendirikan 57 pos pengamanan. Pos tersebut bisa digunakan pemudik untuk beristirahat, mengecek kendaraannya, hingga menanyakan soal jalur mudik.

Namun polisi turut mengimbau agar masyarakat memeriksa terlebih dahulu kondisi kendaraannya sebelum bepergian ke luar kota.

"Tujuan kita membuat pos tersebut tidak lain untuk membantu masyarakat yang melakukan mudik, untuk mendapatkan layanan polisi agar terciptanya rasa aman dan nyaman," jelas dia.

3. Total ada 3.249 anggota yang standby

Jalan Lintas dan Tol Sumatra Prioritas Pengamanan Mudik Lebaran 2023Sejumlah kendaraan pribadi yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera antre di Dermaga IV Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Selasa (26/4/2022). (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Pratama mencatat dalam operasi ketupat tahun ini ada sekitar 3.249 personel gabungan yang melakukan operasi pengamanan mudik. Dirinya merinci dari Polda Sumsel terdapat 204 personel, Polres 1.709 personel, TNI 292 personel, Dishub 289 personel, Dinkes 261 personel dan Damkar 204 personel.

"Tagetnya pada operasi ketupat Musi tahun ini agar tercipta rasa aman dan nyaman untuk pemudik. Selain itu lalulintas bisa lancar," tutup dia.

Baca Juga: Pemuda di Palembang Ngaku Polisi Ajak Wanita VCS Berujung Memeras

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya