Gubernur Sumsel Minta Pengguna Jalan Tol Tak Buang Puntung Rokok

Lahan di sekitar tol Palembang-Kayuagung terbakar

Palembang, IDN Times - Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel) mengimbau masyarakat tidak membuang puntung rokok sembarangan saat situasi kemarau. Kebiasaan itu dikhawatirkan menjadi pemicu kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) seperti yang terjadi di ruas tol Palembang-Kayuagung.

"Jangan buang rokok sembarangan, terutama pengguna tol atau apapun yang berpotensi terjadinya Karhutla," ungkap Deru, Rabu (30/8/2023).

Baca Juga: TIm Pemadam Karhutla Mulai Kesulitan Mencari Pasokan Air 

1. OKI berstatus tanggap darurat

Gubernur Sumsel Minta Pengguna Jalan Tol Tak Buang Puntung RokokKebakaran hutan dan lahan kian mendekati pemukiman warga di Desa Ibul 3, kecamatan Pemulutan, Ogan Ilir (Istimewa)

Karhutla yang terjadi di Sumsel tidak terlepas dari ulah manusia baik dilakukan secara sengaja maupun tidak sengaja. Kondisi kemarau diperparah dengan El Nino yang meningkatkan potensi lahan terbakar.

"Upaya penanganan terus dilakukan secara bergotong royong. Baru OKI yang sudah naik statusnya dari Siaga ke Tanggap karena terlalu luas wilayah yang terbakar," jelas dia.

Baca Juga: Sumsel Masuk Fase Kekeringan Berpotensi Karhutla Semakin Tinggi

2. Pemprov terus pantau eskalasi karhutla

Gubernur Sumsel Minta Pengguna Jalan Tol Tak Buang Puntung RokokProses pemadaman Karhutla di wilayah Gambut OKI (Dok: Balai Pengendalian Iklim Kebakaran Hutan dan Lahan (PPIKHL) Wilayah Sumatra)

Menurut Deru, Pemprov Sumsel masih menimbang soal peningkatan status karhutla di tingkat provinsi. Dari data hotspot (titik panas) yang ada, pihaknya menimbang belum layak dinaikan status dari Siaga Darurat menjadi Tanggap Darurat.

"Penambahan water boombing tentu akan dilakukan, jika eskalasi kenaikan firespot (titik api) baru kita ajukan penambahan," jelas dia.

3. Karhutla terjadi di ruas tol Kayuagung-Palembang terbakar

Gubernur Sumsel Minta Pengguna Jalan Tol Tak Buang Puntung RokokIlustrasi Karhutla (Doc. BNPB)

Kepala Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan Wilayah Sumatera, Ferdian Kristianto, membenarkan kebakaran lahan masih terjadi di ruas jalan tol. Pihaknya terus menambah personel untuk melakukan pemadaman.

"Saat ini masih terus dilakukan pemadaman. Tim dari Gelumbang diperbantukan untuk memadamkan api di tol Kayuagung-Palembang," tutup dia.

Baca Juga: Eskalasi Karhutla Meningkat, Palembang Waspada Sebaran Kabut Asap 

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya