Gubernur Sumsel Herman Deru Minta Kepala Daerah Hindari Tindak Pidana

Gubernur Sumsel pilih tunggu berita resmi soal OTT Dodi Reza

Palembang, IDN Times - Rival politik Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel) Herman Deru yakni, Dodi Reza Alex tertangkap dalam operasi Tangkap Tangan (OTT) di Jakarta. Namun kabar mengenai OTT tersebut masih menimbulkan tanda tanya, sehingga orang nomor satu di Sumsel tersebut enggan angkat bicara.

"Belum pacak (bisa) aku bicara, karena belum ada pemberitaan resmi. Aku juga gak mau mengandai-andai," ungkap Herman Deru saat ditanya soal tertangkapnya Dodi, Sabtu (16/10/2021).

Baca Juga: Terjaring OTT KPK, Dodi Reza Punya Rumah Mewah di Jaksel dan Australia

1. Deru ingatkan seluruh kepada daerah

Gubernur Sumsel Herman Deru Minta Kepala Daerah Hindari Tindak PidanaWakil Ketua Umum KADIN Pusat Indonesia, Anindya Novyan BakriGubernur sumsel, Herman Deru bersama ketua Kadin Sumsel Dodi Reza Alex (IDN Times/Rangga Erfizal)

Menurut Herman Deru, kasus OTT yang menjerat beberapa pejabat di Sumsel sudah beberapa kali terjadi. Kondisi ini perlu diwaspadai kepala daerah lainnya untuk tidak sekali-kali mencoba melakukan tindak pidana serupa.

"Saya tidak bilang hati-hati, tapi hindari lah. Karena kalau hati-hati masih bisa dilakukan. Makanya saya minta hindari hal-hal yang mengarah ke tindak pidana untuk tidak dilakukan," jelas dia.

2. Deru jamin roda pemerintahan tetap berputar

Gubernur Sumsel Herman Deru Minta Kepala Daerah Hindari Tindak PidanaGubernur Sumsel, Herman Deru. (Dok. Humas Pemprov Sumsel)

Menurut Deru, jalannya pemerintahan di bumi Serasan Sekate akan tetap berjalan meski pemimpinnya dalam proses hukum. Ke depan, ia berharap kasus yang menjerat Dodi akan segera berlalu.

"Kalau masalah pejabat teknis OPD itu masih urusan Bupati. Sekarang belum bisa berkomentar masih menunggu running text," jelas dia.

3. Dodi ditangkap di Jakarta

Gubernur Sumsel Herman Deru Minta Kepala Daerah Hindari Tindak PidanaKetua Kadin Sumsel, Dodi Reza Alex (IDN Times/Rangga Erfizal)

Sebelumnya Dodi Reza Alex diumumkan terjerat OTT di Jakarta Jumat (15/10/2021) malam. Dodi langsung ditahan KPK, sedangkan penyidik langsung mengamankan lima pejabat di Kabupaten Musi Banyuasin. KPK juga sudah membenarkan penangkapan terhadap pejabat di lingkungan pemkab Muba.

"Ada enam orang yang sudah diamankan di KPK termasuk Bupati Musi Banyuasin dan beberapa ASN lingkungan Pemkab Muba," ungkap Jubir KPK Ali Fikri.

Dodi Reza dan Herman Deru merupakan rival politik dalam pemilihan Gubernur Sumsel 2018 lalu. Saat itu Herman Deru yang berpasangan dengan Mawardi Yahya menang telak 35,96 persen. Sedangkan Dodi Reza Alex yang berpasangan dengan Giri Rahmanda Kiemas hanya memperoleh 30,96 persen.

Baca Juga: KPK Amankan Bupati Muba Dodi Reza Alex dan Lima ASN 

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya