Terjaring OTT KPK, Dodi Reza Punya Rumah Mewah di Jaksel dan Australia

Dodi Reza melaporkan harta kekayaannya capai Rp38,4 miliar

Palembang, IDN Times - Bupati Musi Banyuasin (Muba), Dodi Reza Alex, ditahan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dodi masih dalam pemeriksaan usai terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) dan akan dibawa ke Jakarta.

Dodi Reza Alex merupakan salah satu kepala daerah terkaya di Sumatra Selatan (Sumsel) dengan harta mencapai di Rp38,4 miliar. Dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tahunan, kekayaan Dodi pada 2020 mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.

1. Miliki rumah mewah seharga Rp18 miliar

Terjaring OTT KPK, Dodi Reza Punya Rumah Mewah di Jaksel dan AustraliaBupati Musi Banyuasin, Dodi Reza Alex (IDN Times/istimewa)

Harta Ketua DPD Golkar Sumsel tersebut diketahui meningkat sekitar 4,59 persen, atau dari Rp36,7 miliar menjadi Rp38,4 dalam setahun atau selama pandemik.

Peningkatan jumlah harta kekayaan Dodi Reza Alex didapatkan dari kenaikan harga tanah dan bangunan miliknya. Dodi tercatat memiliki rumah mewah di kawasan Jakarta Selatan seharga Rp18 miliar pada 2020.

Baca Juga: KPK Amankan Bupati Muba Dodi Reza Alex dan Lima ASN 

2. Miliki rumah di Australia seharga Rp800 juta

Terjaring OTT KPK, Dodi Reza Punya Rumah Mewah di Jaksel dan AustraliaIDN Times/istimewa

Tak hanya rumah mewah di Jakarta, Dodi juga memiliki aset di luar negeri. Putra mantan Gubernur Sumsel Alex Noerdin ini, melaporkan dalam LHKPN jika dirinya memiliki satu rumah di Australia seharga Rp800 juta.

Harta kekayaan Dodi dari kepemilikan enam unit rumah dan bangunan di Indonesia dan Australia dengan total keseluruhan mencapai Rp31,5 miliar.

Baca Juga: KPK Pastikan Tangkap Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin

3. Dodi miliki utang Rp2,2 miliar

Terjaring OTT KPK, Dodi Reza Punya Rumah Mewah di Jaksel dan AustraliaBupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Sedangkan untuk harta lainnya, Dodi melaporkan mobil Porsche tahun 2012 seharga Rp300 juta. Harta bergerak meningkat 20 persen, atau dari Rp500 juta menjadi Rp600 juta. Ia juga memiliki surat berharga sebesar Rp2 miliar dan kas Rp5,9 miliar.

Dodi pun melaporkan utang miliknya pada 2019 mencapai Rp4,1 miliar, atau turun sekitar Rp53 persen menjadi Rp2,2 miliar.

Baca Juga: Ditangkap KPK, Bupati Muba Dodi Alex Noerdin Akan Dibawa ke Jakarta 

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya