Wawako Palembang Klaim 2 Program Sukses di Masa Jabatannya

Finda dikabarkan bakal maju sebagai calon Wako Palembang

Palembang, IDN Times - Wakil Wali Kota (Wawako) Palembang, Fitrianti Agustinda atau Finda, akan mengakhiri masa jabatan pada 18 September 2023. Menurutnya selama menjabat selama lima tahun, ia berhasil menjalankan dua program kerja (proker) Pemerintah Kota (Pemkot).

“Terutama soal pendidikan dan kesehatan yang menjadi fokus saya dan Pemkot selama ini," ujarnya, Kamis (14/7/2023).

Baca Juga: Ratu Dewa Diusul Pj Wako Palembang, Redam Revalitas Finda di Pilwako?

1. Finda berantas pungli di sekolah

Wawako Palembang Klaim 2 Program Sukses di Masa JabatannyaIlustrasi aktivitas tatap muka di sekolah Palembang (IDN Times/Dokumen)

Sejak awal menjabat, Finda menyebut dirinya tegas soal larangan pungutan liar (pungli) di sekolah. Sejak pertama ia menjadi Wawako Palembang, keluhan soal pendidikan terutama pungli cukup banyak.

"Sejak awal saya menekankan setiap sekolah tidak ada lagi pungutan atau memberatkan wali murid,” kata dia.

Baca Juga: Ini Alasan Nasdem Tunjuk Finda Sebagai Ketua DPD Palembang

2. Klaim hampir 100 persen warga mendapatkan fasilitas kesehatan

Wawako Palembang Klaim 2 Program Sukses di Masa JabatannyaIlustrasi aktivitas di Kantor BPJS Kesehatan Palembang Jalan R Sukamto (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Selain soal pendidikan, dirinya juga menyebut sudah berhasil menjalankan program kesehatan di Palembang. Hampir 100 persen dari sekitar 1,6 juta masyarakat Palembang telah menjadi peserta Badan Penyelelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

"Masyarakat kurang mampu sudah nyaman berobat dengan BPJS Kesehatan yang ditanggung pemerintah," timpalnya.

Keberhasilan program kesehatan oleh Pemkot Palembang kata Finda, tidak terlepas dari rutinitasnya melakukan kunjungan ke rumah warga yang sakit, sekaligus menyisir warga kurang mampu yang belum memiliki BPJS.

3. Meminta maaf jika belum mampu selesaikan seluruh masalah di Palembang

Wawako Palembang Klaim 2 Program Sukses di Masa JabatannyaWakil Wali Kota (Wawako) Palembang Fitrianti Agustinda (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Jelang masa jabatannya habis, Finda pamit dan memohon maaf kepada masyarakat Palembang apabila dirinya tak membantu atau menyelesaikan semua masalah yang dialami oleh warga.

“Saya pribadi mohon maaf jika selama menjabat masih ada pekerjaan yang belum tuntas dan belum sempurna. Sempurna hanya milik Allah. Siapapun Pj kita dukung agar bisa sama-sama kita kawal pembangunan, pemerataan kesejahteraan, khususnya untuk masyarakat Palembang," kata dia.

Baca Juga: Herman Deru Beberkan Tujuh Pj Bupati Wako Persetujuan Mendagri

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya