Herman Deru Beberkan Tujuh Pj Bupati Wako Persetujuan Mendagri

Deru akan lantik para Pj Kepala Daerah di Griya Agung

Palembang, IDN Times - Nama-nama bakal calon Penjabat (Pj) kepala daerah di tujuh kabupaten dan kota se-Sumatra Selatan (Sumsel) telah disetujui oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Ketujuh calon Pj Bupati dan Wali Kota (Wako) tersebut berasal dari nama-nama Sekda kota terkait, Kepala Dinas, hingga ASN Kemendagri.

Gubernur Sumsel, Herman Deru, membenarkan kabar tersebut. Menurutnya dalam waktu dekat pelantikan Pj Bupati dan Wako akan segera dilakukan, mengingat masa kepemimpinan kepala daerah terpilih hasil Pilkada akan berakhir.

"Ada tujuh kabupaten dan kota yang akan ditunjuk Pj. Pelantikannya bakal dilakukan pada 18 September nanti," ungkap Deru, Kamis (14/9/2023).

Baca Juga: Ini Pesan Terakhir Harnojoyo Sebagai Wali Kota ke ASN Palembang

1. Berikut nama Pj Bupati dan Wako

Herman Deru Beberkan Tujuh Pj Bupati Wako Persetujuan MendagriSekda Kota Palembang, Ratu Dewa (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Dari beragam nama yang diajukan masing-masing kabupaten maupun kota, Kemendagri menunjuk nama yang dinilai dapat menjalankan roda pemerintahan hingga nantinya pilkada serentak 2024 berlangsung.

Nama Sekda Palembang Ratu Dewa ditunjuk sebagai Pj Wako Palembang. Lalu Sekda Prabumulih Elman menjadi Pj Wako, Sekda Lubuk Linggau Trisno Defriyansah sebagai Pj Wako, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sumsel, Lasapta Yudha Kurnia sebagai Pj Wako Pagar Alam.

"Kepala Dinas Perdagangan Sumsel Ahmad Rizali sebagai Pj Bupati Muara Enim, Sekda Empat Lawang Pauzan Khoiri sebagai Pj Bupati, dan Sekretaris Ditjen Dukcapil Kemendagri, Hani Syopiar Rustam sebagai Pj Bupati Banyuasin," ujar Deru.

Baca Juga: 3 Calon Gubernur Sumsel Nyatakan Maju Pilkada 2024, Ini Profilnya

2. Pj Bupati dan Wako dilantik saat masa jabatan kepala daerah berakhir

Herman Deru Beberkan Tujuh Pj Bupati Wako Persetujuan MendagriGubernur Sumsel Herman Deru (kiri) bersama Plt Bupati Muaraenim, Juarsah, pada rapat di Griya Agung, beberapa waktu lalu/IDN Times/Humas Pemprov Sumsel

Menurut Deru, kepala daerah yang ditunjuk menjadi PJ harus bekerja dan menyelaraskan program baik di tingkat kabupaten, kota, maupun provinsi. Para Pj Kepala Daerah ditunjuk untuk mencegah kekosongan kepemimpinan yang berakhir saat hari pelantikan Pj tersebut.

"Pelantikan akan berlangsung serentak pada hari yang sama di Griya Agung," jelas dia.

3. Herman Deru digantikan 1 Oktober mendatang

Herman Deru Beberkan Tujuh Pj Bupati Wako Persetujuan MendagriGubernur Sumsel Herman Deru (IDN Times/Istimewa)

Tak hanya masa kepemimpinan para kepala daerah di tujuh kabupaten dan kota yang akan berakhir, karena kepemimpinan Gubernur Sumsel dan Wakil juga akan berakhir 1 Oktober mendatang. DPRD Sumsel telah melakukan sidang pemberhentian yang diumumkan melalui sidang paripurna ke-71.

Pemberhentian itu menyusul berakhirnya masa kepemimpinan dan penunjukan nama Pj yang akan diputuskan oleh Kemendagri. Nama Sekda Sumsel SA Supriono masuk menjadi daftar satu dari tiga nama yang diusulkan menjadi Pj Gubernur.

Baca Juga: Herman Deru-Mawardi Yahya Berpasangan Lagi di Pilgub Sumsel

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya