Comscore Tracker

Wali Kota Palembang: Malam Lebaran Tidak Ada Takbir Keliling!

Wali kota juga menyebut, open house ditiadakan

Palembang, IDN Times - Wali Kota (Wako) Palembang Harnojoyo meminta agar warga dan kelompok organisasi masyarakat (ormas) tidak menggelar malam takbiran pada Lebaran tahun ini. 

"Malam lebaran tidak ada takbir keliling seperti beramai-ramai mengelilingi kota, kecuali takbiran dari masjid masing-masing. Ini untuk mencegah adanya kerumunan, tentunya nanti ada tim Gugus Tugas yang akan patroli memantau," ujarnya, Jumat (22/5).

Baca Juga: [LINIMASA-2] Perkembangan Terkini Wabah Virus Corona di Indonesia

1. Harnojoyo imbau salat id tetap dilaksanakan di rumah

Wali Kota Palembang: Malam Lebaran Tidak Ada Takbir Keliling!IDN Times/Feny Maulia Agustin

Selain larangan takbir keliling, Harnojoyo juga mengimbau agar warga melaksanakan salat id di rumah masing-masing bersama keluarga. 

"Ajak semua yang di rumah salat berjamaah, masih bisa berkumpul keluarga. Kita harus memaklumi keadaan seperti sekarang karena berbeda dari tahun-tahun sebelumnya," kata dia.

2. Wali Kota Palembang tak gelar open house

Wali Kota Palembang: Malam Lebaran Tidak Ada Takbir Keliling!Kantor Wali Kota Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Tak hanya itu, kebiasaan menerima tamu dalam skala besar atau open house juga tidak diperbolehkan berlangsung di masa pandemik COVID-19. Apalagi waktu Lebaran masih dalam suasana pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB.

"Termasuk kalangan pemerintahan, jangan berkunjung dulu. Saya mengucapkan minal Aidin wal Faidzin, maaf tahun ini kami tidak open house," tambahnya.

3. Minta masyarakat tetap di rumah, meski Idulfitri tiba

Wali Kota Palembang: Malam Lebaran Tidak Ada Takbir Keliling!Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Palembang, dr. Ayus Astoni (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Sementara, Plt Kepala Dinas Kesehatan Palembang, dr Ayus Astoni meminta warga tetap displin dalam menaati aturan protokol kesehatan COVID-19, meski ada perayaan Idulfitri. Selain itu, dia juga menegaskan warga untuk tetap menjaga pola hidup sehat dan rutin cuci tangan pakai sabun di alir mengalir.

"Masyarakat diharapkan selalu menjaga diri dan keluarganya agar mengurangi aktivitas di luar rumah apalagi waktu lebaran yang bisa memicu penyebaran baru. Jika tidak mendesak lebih baik komunikasi online sudah cukup dan bila terpaksa ke luar selalu memakai masker," ujarnya.

Baca Juga: Naik Turun Iuran BPJS Kesehatan, Pengamat: Gap Politik dan Manajerial

Topic:

  • Feny Maulia Agustin
  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya