Vaksinasi Pelajar di Palembang Baru Menyasar 16 Ribu Orang

Palembang menarget 192.667 pelajar menerima vaksinasi

Palembang, IDN Times - Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Palembang mengharuskan setiap siswa melakukan vaksinasi COVID-19, sebagai langkah menekan penyebaran virus corona di lingkungan sekolah.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Palembang hingga Sabtu (18/9/2021) kemarin, vaksinasi COVID-19 bagi pelajar sudah menyasar kepada 16 ribu anak-anak dan remaja usia 12 hingga 18 tahun, dengan vaksinasi jenis Sinovac yang dilakukan massal.

"Sudah ada 16.448 pelajar yang divaksin untuk dosis pertama dari total sasaran," ujar Plt Kabid Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinkes Palembang, dr Mirza Susanty kepada IDN Times, Minggu (19/8/2021).

1. Vaksinasi massal tetap dilakukan menyesuaikan stok

Vaksinasi Pelajar di Palembang Baru Menyasar 16 Ribu OrangIlustrasi vaksinasi COVID-19 bagi pelajar. (IDN Times/Hilmansyah)

Keseluruhan angka sasaran yang diberikan kepada 192.667 pelajar ditargetkan tuntas pada akhir 2021, khususnya siswa di bawah tanggung jawab Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palembang.

"Untuk wilayah Pemkot hanya menyasar pelajar di SD dan SMP. Saat ini vaksinasi massal masih dilakukan, tapi bergilir dan butuh kesabaran karena tergantung stok ketersediaan," kata dia.

Baca Juga: Jelang Belajar Tatap Muka, Baru 82 Persen Guru di Palembang Vaksinasi

2. Stok vaksin terbatas, Dinkes Palembang melibatkan instansi lain

Vaksinasi Pelajar di Palembang Baru Menyasar 16 Ribu OrangIlustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Terbatasnya vial dan dosis vaksin vaksin membuat Dinkes melibatkan pihak ketiga, seperti pengadaan vaksin beberapa waktu lalu dari sejumlah instansi seperti Otoritas Jasa Keungan (OJK) dan Badan Intelegen Negara (BIN).

"Memang stok kita tidak memenuhi untuk meng-cover keseluruhan target sasaran, jadi kita juga minta bantuan lain," ungkapnya.

Baca Juga: Harnojoyo Pastikan Belajar Tatap Muka di Palembang Berjalan Efektif

3. Dinkes Palembang kejar target vaksinasi harian capai 6 ribu orang

Vaksinasi Pelajar di Palembang Baru Menyasar 16 Ribu OrangIlustrasi vaksin COVID-19 (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Sebanyak 16 ribu pelajar yang telah divaksinasi merupakan dosis pertama. Sedangkan untuk dosis kedua, baru diberikan kepada 13.519 orang. Dinkes Palembang masih berupaya mengejar target vaksinasi bagi siswa.

"Kami menarget capaian vaksinasi di Palembang harus di angka rata-rata 6 ribuan orang dalam sehari. Termasuk untuk remaja, umum, dan nakes yang belum divaksinasi untuk membentuk herd imunitty," tandas dia.

Baca Juga: Disdik Palembang Tambah Lagi 24 SMP Laksanakan Belajar Tatap Muka

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya