Harnojoyo Pastikan Belajar Tatap Muka di Palembang Berjalan Efektif

Walaupun masih ada beberapa sekolah belum tatap muka

Palembang, IDN Times - Wali Kota (Wako) Palembang, Harnojoyo mengklaim, pembelajaran tatap muka (PTM) berjalan efektif sejak pertama kali diterapkan pada 6 September lalu. Walaupun, masih ada sejumlah sekolah belum siap belajar secara offline.

"Koordinasi dan persiapan PTM sudah maksimal dan semua kegiatan belajar sudah kembali normal," ujarnya usai meninjau pelaksanaan belajar tatap muka terbatas di SD Negeri 136 Palembang, Rabu (15/9/2021).

1. PTM tingkat SMP hampir 100 persen dibuka

Harnojoyo Pastikan Belajar Tatap Muka di Palembang Berjalan EfektifIlustrasi aktivitas tatap muka di sekolah Palembang (IDN Times/Dokumen)

Evaluasi kegiatan belajar dan mengajar (KBM) secara tatap muka disebut efektif, karena beberapa sekolah telah tertib menerapkan pembelajaran shift masuk sekolah. Tiap kelas dilakukan bergilir per minggu dengan dua kali pertuan dan waktu belajar hanya 2 jam.

"Dari sekolah yang sudah terpantau sepanjang dua minggu ini PTM di Palembang berjalan lancar dan SMP sudah hampir 100 persen buka,", kata dia.

Baca Juga: Masih Ada Sekolah di Palembang Belum Siap Belajar Tatap Muka

2. Sekolah TK dan PAUD baru buka 40 persen

Harnojoyo Pastikan Belajar Tatap Muka di Palembang Berjalan EfektifWako Palembang, Harnojoyo tinjau kesiapan sekolah untuk PTM (IDN Times/Dok. Kominfo Palembang)

Berdasarkan data Dinas Pendidikan (Disdik) Palembang, sudah ada 54 sekolah tingkat menengah pertama negeri yang direkomendasikan melaksanakan KBM tatap muka. Sedangkan untuk sekolah tingkat dasar sebanyak 100 instansi termasuk sekolah swasta.

"Untuk TK dan PAUD baru 40 persen yang buka dan SD dari total baru 60 persen," timpalnya.

Baca Juga: Cerita Kepsek di Palembang Kewalahan Atur Prokes Wali Murid

3. Sekolah siap PTM setelah lakukan vaksinasi massal

Harnojoyo Pastikan Belajar Tatap Muka di Palembang Berjalan EfektifSuasana di salah satu sekolah negeri Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Sebelumnya dari hasil pantauan IDN Times, masih ada beberapa sekolah yang telah direkomendasikan PTM namun secara teknis belum ada kesiapan maksimal. Seperti di SMP Negeri 18 Palembang yang belum belajar tatap muka, menunggu pelaksanaan vaksinasi sekolah secara massal.

"Kita saat ini sedang jemput bola untuk pelaksanaan vaksinasi massal di sekolah. Arsip maupun dokumen sedang diurus dan dalam proses," ungkap Kepala Sekolah SMP Negeri 18 Palembang, Endang Wahyuningsih, Senin (13/9/2021) kemarin.

Baca Juga: Disdik Palembang Tambah Lagi 24 SMP Laksanakan Belajar Tatap Muka

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya