Comscore Tracker

Tes SKB Tertunda, namun BKN Sumsel Sebut Pengumuman SKD Sesuai Jadwal

Sesuai aturan permenPANRB dalam pencegahan Covid-19

Palembang, IDN Times - Kepala Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN) Kantor Regional (Kanreg) VII Palembang, Andri Hafif menyatakan, wilayah Sumatera Selatan (Sumsel) dipastikan menunda penyelenggaraan tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), meski pengumuman kelulusan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) tetap sesuai jadwal.

Hal tersebut karena ada pengumunan dari Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) melalui surat Menteri PANRB Nomor B/318/M.SM.01.00/2020 tanggal 17 Maret 2020, perihal Penundaan Jadwal SKB Seleksi CPNS Formasi Tahun 2019.

"Pengumuman SKD tetap diinfokan dengan jadwal awal yakni 22-23 Maret, hanya SKB kita akan di tunda," ujar dia, Kamis (19/3).

1. Waktu penyelenggaraan SKB belum bisa dipastikan dengan jelas

Tes SKB Tertunda, namun BKN Sumsel Sebut Pengumuman SKD Sesuai JadwalIlustrasi peserta seleksi tes CPNS di Sumatera Selatan (Sumsel) (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Hafif mengungkapkan, penundaan seleksi itu merupakan aturan dari kebijakan pusat, untuk membantu pencegahan dan pemutusan rantai penyebaran Virus Corona atau Covid-19 di Indonesia.

"Semula jadwal SKB itu tanggal 26 Maret sampai 10 April nanti, karena ada kejadian jadi ditunda. Kemudian untuk sampai kapannya, menunggu keputusan panselnas," ungkap dia.

2. BKN minta peserta CPNS menunggu hasil pengumuman peserta yang ikut SKB

Tes SKB Tertunda, namun BKN Sumsel Sebut Pengumuman SKD Sesuai JadwalIlustrasi tes CPNS (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Hafif menuturkan, walau pelaksanaan SKB ada penundaan jadwal,, namun pihaknya meminta peserta CPNS tetap memantau pengumuman hasil peserta, yang bisa mengikuti tes Computer Assisted Test (CAT) SKB.

"Tunggu saja, nanti instansi mengumumkan jumlah peserta yang akan ikut SKB. Pantau kunjungi website resmi instansi penyelenggara tes CPNS," tutur dia.

3. Hasil tes SKD ada 9034 lulus tahap SKB

Tes SKB Tertunda, namun BKN Sumsel Sebut Pengumuman SKD Sesuai JadwalIlustrasi Peserta CPNS di Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Kemudian, terang Hafif, dari semua peserta CPNS yang telah mengikuti tes SKD untuk wilayah Sumsel, ada sekitar 9.000-an peserta yang lulus tahapan lanjutan di tes SKB.

"Untuk peserta SKB 3x formasi, sesuai rekonsiliasi data SKD minggu lalu di wilayah Sumsel, ada 9034 peserta yang lulus dan ini akan diumumkan serentak. Tetapi kapan tes nya, ya tunggu keputusan panselnas tadi," terang dia.

Baca Juga: BKN Belum Pastikan Lokasi Tes SKD CPNS untuk Wilayah Palembang  

4. Penerimaan CPNS tahun 2020 kemungkinan ada penundaan

Tes SKB Tertunda, namun BKN Sumsel Sebut Pengumuman SKD Sesuai JadwalIlustrasi. Daftar peserta ujian CPNS kota Siantar (IDN Times/Gideon Aritonang)

Hafif melanjutkan, akibat wabah Covid-19 yang terjadi saat ini, tak saja mempengaruhi penundaan penyelenggaraan tes SKB. Bisa jadi, kemungkinan besar berdampak pada penundaan penerimaan jadwal CPNS tahun 2020 pada Oktober mendatang.

"Pembukaan CPNS baru menunggu surat dari Menpan RB, tadinya sebelum ada darurat covid-19 direncanakan Oktober ada lagi. Tapi sekarang ini pasti menunggu kebijakan penerintah mungkin berubah juga (jadwal)," tandas dia.

Topic:

  • Feny Maulia Agustin
  • Sidratul Muntaha

Berita Terkini Lainnya