Comscore Tracker

Stok Minyak Goreng Palembang Berlimpah, Harga Stabil di Rp19 Ribu 

Pemkot bakal gelar operasi pasar untuk stabilkan harga

Palembang, IDN Times - Setelah sempat langka dan membuat harga naik, kini stok minyak goreng di Palembang disebut berlimpah. Pasokan salah satu kebutuhan pokok itu banyak dijual di sejumlah pasar tradisional dan supermarket.

"Hasil operasi pasar menunjukkan stok minyak goreng masih aman. Dari beberapa kunjungan ada sekitar 1.200 liter minyak goreng tersedia. Banyaknya stok ini karena memang harga jual rata-rata masih belum turun dan stabil di Rp19 ribu," ujar Wakil Wali Kota (Wawako) Palembang, Fitrianti Agustinda atau Finda, Selasa (18/1/2022).

1. Pemkot minta Dinas Perdagangan Palembang pantau harga minyak goreng dan sembako

Stok Minyak Goreng Palembang Berlimpah, Harga Stabil di Rp19 Ribu Pekerja mengemas minyak goreng curah ke dalam kantong plastik (ANTARA FOTO/Patrik Cahyo Lumintu)

Finda meminta kepada masyarakat tak terlalu khawatir terhadap kenaikan harga sembako. Menurutnya, Pemkot Palembang berupaya menekan inflasi.

"Pemkot terus memantau dengan Dinas Perdagangan," jelasnya.

Baca Juga: Minyak Goreng Langka, Gubernur Herman Deru Sentil Produsen Sawit 

2. Pemkot Palembang bakal menggelar operasi pasar

Stok Minyak Goreng Palembang Berlimpah, Harga Stabil di Rp19 Ribu Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Pemkot Palembang kata Finda bakal menggelar operasi pasar, agar harga jual bisa stabil dan terjangkau oleh masyarakat.

"Kenaikan ini sudah dari awal tahun, tapi Pemkot berusaha untuk mencegah terjadinya kenaikan harga lagi," kata dia.

3. Harga minyak goreng di Palembang sempat tembus Rp25 ribu per liter

Stok Minyak Goreng Palembang Berlimpah, Harga Stabil di Rp19 Ribu Ilustrasi Minyak Goreng. (IDN Times/Sunariyah)

Menurut pedagang kebutuhan pokok di Pasar Perumnas Palembang, Aliun, harga minyak goreng sempat mengalami penurunan dari Rp25 ribu per liter menjadi Rp12 ribu per liter. Namun karena harga minyak kelapa sawit atau Crude Palm Oil (CPO) meningkat, harga minyak goreng kembali naik.

“Sebenarnya ini sudah turun dari akhir tahun lalu. Namun sejak Desember 2021 bergerak naik karena harga CPO di pasaran ekspor juga naik," jelasnya.

4. Pemerintah tetapkan harga eceran minyak goreng Rp14 ribu per liter

Stok Minyak Goreng Palembang Berlimpah, Harga Stabil di Rp19 Ribu Ilustrasi warga membeli minyak goreng kemasan saat operasi pasar murah (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Kepala Dinas Perdagangan Sumatra Selatan (Disdag Sumsel), Ahmad Rizali melanjutkan, pihaknya bersama Pemkot Palembang dan distributor minyak goreng juga menggelar operasi pasar di beberapa lokasi.

"Minyak goreng ini HET-nya dijual Rp14.000 per liter dan sudah ditetapkan pemerintah. Operasi pasar ini kita lakukan, sebelumnya kita sempat laksanakan pada akhir tahun lalu. Harapannya harga minyak goreng segera turun," tandas dia.

Baca Juga: Suplai Minim, Supermarket Palembang Batasi Konsumen Beli Minyak Goreng

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya