Revitalisasi Pasar 16 Ilir Palembang Masuk Tahap Perbaikan Drainase

Pasar 16 Ilir bakal dijadikan pusat perbelanjaan modern

Palembang, IDN Times - Revitalisasi Pasar 16 Ilir Palembang yang direncanakan menjadi model pasar modern dengan nama The Heritage 16 Ilir, sudah berjalan dua bulan sejak dikelola pihak ketiga PT Bima Citra Realty (BRC).

"Proses revitalisasi sudah dua bulan ini. Pengerjaan fisik kita fokus yang urgent dulu, seperti perbaikan saluran air dan atap bocor," ujar Direktur PT BCR, Suryadi, Senin (23/10/2023).

Baca Juga: Budayawan Sumsel Tak Setuju Nama Pasar 16 Ilir Palembang Diubah

1. Pasar 16 Ilir Palembang juga sediakan entertainment

Revitalisasi Pasar 16 Ilir Palembang Masuk Tahap Perbaikan DrainaseSituasi pasar 16 ilir Kota Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

PT BCR diberikan tenggat waktu penyelesaian revitalisasi Pasar 16 Ilir Palembang hingga 2025. Selain itu, target konsep pasar punya inovasi baru seperti pembangunan tempat hiburan dan kafe.

"Bangunan sudah tua dan kondisinya saat ini sudah crowded. Jadi untuk kebaikan, kita ubah konsep tak hanya untuk belanja tapi juga ada entertainment-nya," kata dia.

Baca Juga: Pasar 16 Ilir Palembang Dikelola Pihak Ketiga, Biaya Sewa Bakal Naik 

2. Biaya diperkirakan mencapai Rp100 miliar

Revitalisasi Pasar 16 Ilir Palembang Masuk Tahap Perbaikan DrainaseDesain terbaru Pasar 16 Ilir Palembang (Instagram/Palembang.sumsel.ssci)

Suryadi menjamin PT BCR tidak akan menngubah total bangunan asli Pasar 16 Ilir Palembang. Bahkan katanya, pengelola bakal mempertahankan struktur bangunan lama yang sudah ada sejak tahun 1800-an.

"Diperkirakan menghabiskan investasi sekitar Rp100 miliar dan akan tetap mempertahankan bangunan lamanya. Perbaikan 6 lantai mulai dari basement, nantinya pengerjaan konstruksi digilir per lantai karena pedagang akan tetap berjualan di dalam,” jelasnya.

3. Bakal didominasi jualan kuliner

Revitalisasi Pasar 16 Ilir Palembang Masuk Tahap Perbaikan DrainaseSituasi di kawasan Pasar 16 Ilir Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Kemudian nanti bangunan Pasar 16 Ilir di bagian belakang yang menghadap ke arah Sungai Musi akan dimanfaatkan untuk wisata kuliner. Selanjutnya perbaikan di lantai basement dan lantai 1 khusus lapak pedagang yang ingin berjualan pakaian.

"Lantai 2 juga bisa untuk kuliner, lantai 4 bisa untuk pedagang peralatan rumah tangga, tapi sebagian besar tetap untuk kuliner dan lantai 6 untuk kantor," kata Suryadi.

4. Janji biaya sewa tidak naik tinggi

PT BCR juga berencana memasang AC atau pendingin udara di kawasan baru Pasar 16 Ilir Palembang, serta menargetkan pengadaan eskalator.

"Eskalator dan ada lift, jika memungkinkan. Karena revitalisasi ini memang untuk kenyamanan pengunjung dan pedagang," jelas dia.

Sementara untuk biaya sewa kios bagi para pedagang hingga saat ini masih dikaji Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP). PT BCR berjanji harga sewa tidak akan naik tinggi, atau sekitar Rp15 juta sampai Rp25 juta.

Baca Juga: PKL Pasar 16 Ilir Direlokasi, Harnojoyo Minta Pedagang Maklum

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya