PKL Pasar 16 Ilir Direlokasi, Harnojoyo Minta Pedagang Maklum

Revitalisasi disebut bisa meningkatkan pengunjung Pasar 16

Palembang, IDN Times - Revitalisasi Pasar 16 Ilir Palembang membuat sejumlah lapak Pedagang Kaki Lima (PKL) digusur. Namun penertiban tersebut ditindaklajuti dengan relokasi lapak ke lokasi yang telah ditetapkan Pemerintah Kota (Pemkot).

"PKL yang ada di halaman gedung dipindahkan ke tepi jalan, terakhir sudah ada 87 pedagang. Pemindahan ini merupakan solusi dan kesepakatan bersama," ujar Direktur Utama Perumda Pasar Palembang Jaya, A Rizal, Rabu (5/7/2023).

Baca Juga: Takut Lapak Dibongkar Satpol PP, PKL Bermalam di Pasar 16 Ilir

1. PD Pasar libatkan Dishub atur lalu lintas

PKL Pasar 16 Ilir Direlokasi, Harnojoyo Minta Pedagang MaklumSituasi pasar 16 ilir Kota Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Sebelumnya, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) telah menertibkan PKL di sekitar kawasan pasar yang akan direvitalisasi, Kamis (4/7/2023) dini hari, sekaligus memasang pemasangan seng agar lokasi tersebut steril untuk renovasi.

"Pemindahan pedagang juga berkordinasi dengan Dinas Perhubungan untuk pengaturan lalulintas. Sebab mereka (PKL) dipindah sementara di sisi jalan," kata Rizal.

Baca Juga: Pasar 16 Ilir Palembang Dikelola Pihak Ketiga, Biaya Sewa Bakal Naik 

2. Relokasi PKL merupakan kesepakatan bersama berdasarkan keputusan DPRD Palembang

PKL Pasar 16 Ilir Direlokasi, Harnojoyo Minta Pedagang MaklumPenertiban Pasar 16 Ilir Palembang (IDN Times/Istimewa)

Proses penertiban PKL di Pasar 16 Ilir yang tak memiliki kios berlangsung lebih lama. Para pedagang sempat melakukan aksi penolakan dan tidak menyetujui penggusuran. Menurut mereka, penertiban akan merugikan dan tidak menguntungkan.

Namun setelah mencari solusi bersama antara pedagang dan pengelola pasar melalui DPRD Palembang, keputusan yang diambil adalah merelokasi PKL dan difasilitasi oleh Pemerintah Kota (Pemkot).

3. Wako Palembang harap revitalisasi Pasar 16 Ilir meningkatkan ekonomi daerah

PKL Pasar 16 Ilir Direlokasi, Harnojoyo Minta Pedagang MaklumWali Kota (Wako) Palembang, Harnojoyo (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Wali Kota (Wako) Palembang, Harnojoyo, meminta agar para pedagang di Pasar 16 Ilir memaklumi keputusan tersebut. Apalagi tujuan revitalisasi oleh Perumda Pasar dan pengelola untuk mempercantik kawasan pasar menjadi lebih bersih dan tertata.

Setelah Pasar 16 Ilir Palembang sudah direvitalisasi, ia berharap hal itu dapat mendorong wisatawan datang berbelanja dan mendongkrak pendapatan daerah. Menurutnya, faktor pengunjung untuk membeli barang sangat berpengaruh terhadap peningkatan ekonomi kota.

"Revitalisasi ini untuk memberikan kenyamanan pengunjung dan pedagang itu sendiri. Kami hara pedagang bisa memaklumi karena ini untuk kepentingan kita bersama," jelas dia.

Baca Juga: Pihak Swasta Kelola Pasar 16 Ilir, Janji Bangun Eskalator

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya