Rektor Unsri Janji Tak Ada Joki Saat Penerimaan SNMPTN 2022

Calon mahasiswa diminta menghindari penipuan dan calo

Palembang, IDN Times - Rektor Universitas Sriwijaya (Unsri), Anis Saggaf, berjanji tak akan ada joki atau calo saat penerimaan Seleksi Nasional Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2022.

Seperti sebelumnya, Unsri membuka penerimaan mahasiswa baru melalui tiga jalur, yakni SNMPTN, Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN), dan jalur undangan alias Mandiri (USMB).

"Saya ingatkan sekali lagi, pendaftaran SNMPTN ini gratis. Tidak ada joki ataupun calo yang menawarkan kelulusan sekalipun orang dalam," ujarnya, Kamis (17/2/2022).

1. Ada potensi penipuan seleksi masuk Unsri jalur undangan

Rektor Unsri Janji Tak Ada Joki Saat Penerimaan SNMPTN 2022Universitas Sriwijaya (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Jalur SNMPTN hanya menerima 20 persen dari daya tampung. Baru kemudian untuk jalur SBMPTN sebanyak 50 persen, dan selebihnya seleksi jalur USMB. Anis mengakui ada kemungkinan oknum yang menawarkan kelulusan lewat jalur undangan, seperti memuluskan syarat administrasi agar bisa langsung diterima.

"Bagi yang ikut seleksi jalur SNMPTN, percaya diri saja dan ikuti tahapannya. Apabila ada prestasi selama di bangku sekolah apa pun itu harus dilampirkan. Karena itu akan jadi pertimbangan apakah diterima atau tidak," jelas dia.

Baca Juga: Akhirnya Unsri Bentuk Satgas PPKS, Bimbingan Pun Dilarang Berdua

2. Banyak kasus mahasiswa salah jurusan tersendat di tengah jalan

Rektor Unsri Janji Tak Ada Joki Saat Penerimaan SNMPTN 2022FKIP Universitas Sriwijaya di Jalan Ogan, Palembang, (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Dirinya mengimbau, sebaiknya calon mahasiswa memilih jurusan sesuai dengan keinginan dan minat yang dituju. Karena selama ini, banyak sekali mahasiswa yang sudah terlanjur kuliah namun di tengah jalan tersendat.

"Karena kuliah tidak sesuai jurusan, dipaksa orangtua harus masuk kedokteran padahal anaknya berbakat di teknik. Atau disuruh pihak sekolah memilih jurusan yang sepi peminat karena peluang lulusnya tinggi, padahal anak gak berminat. Jadi jangan sampai terjadi lagi yang salah ambil jurusan," timpalnya.

3. Minta calon mahasiswa mendaftar seleksi masuk Unsri lebih awal

Rektor Unsri Janji Tak Ada Joki Saat Penerimaan SNMPTN 2022Rektor Universitas Sriwijaya (Unsri), Anis Saggaf (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Anis menuturkan, penerimaan jalur SNMPTN di Unsri 2022 sudah dibuka, pihaknya meminta calon mahasiswa maupun sekolah selalu memantau jadwal nasional selama tidak ada perubahan.

"Jika pendaftaran telah dibuka, langsung mendaftar lebih awal. Pengalaman sebelumnya banyak yang santai dan baru mau mendaftar jelang penutupan, lalu web bermasalah, server down, dan banyak yang protes," kata dia.

4. Kelulusan SNMPTN diumumkan 29 Maret 2022

Rektor Unsri Janji Tak Ada Joki Saat Penerimaan SNMPTN 2022Universitas Sriwijaya Indralaya (fk.unsri.ac.id)

Sebagai informasi, pengisian PDSS sudah selesai pada 8 Januari hingga 8 Februari. Termasuk registrasi akun LTMPT Siswa juga sudah berakhir pada 15 Februari lalu. Tahapan pendaftaran SNMPTN dimulai 14 Februari hingga 28 Februari.

"Barulah pengumuman akan dilaksanakan pada 29 Maret nanti," tambah Anis.

Sementara untuk jumlah daya tampung Unsri pada 2022 mencapai 7.825 calon mahasiswa, dengan rincian 1.565 jalur SNMPTN, 3.913 jalur SBMPTN, dan 2.347 jalur Mandiri.

Baca Juga: Dosen Unsri Pengirim Chat Mesum Sebut Laporan Mahasiswi Kedaluwarsa

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya