Ratusan Taman Kota Palembang Tak Terawat, Pemkot Janji Revitalisasi

Revitalisasi taman kota butuh bantuan CSR pihak ketiga

Intinya Sih...

  • Pemerintah Kota Palembang akan merevitalisasi taman kota dan berkomitmen menjaga serta mengubah wajah Palembang menjadi lebih estetik.
  • Revitalisasi membutuhkan bantuan CSR pihak ketiga, terutama untuk penataan seputar jogging track di Kambang Iwak.
  • Area lain yang akan direvitalisasi adalah taman kota di bawah lintasan LRT Palembang, Jalan Angkatan 45, Simpang Polda, Kawasan POM IX, dan Taman Wisata Alam (TWA) Punti Kayu Palembang.

Palembang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang berjanji akan menata ulang serta merevitalisasi sejumlah kawasan publik, dan salah satu program Pemkot tahun depan adalah memperbaiki semua taman kota yang kurang terawat.

"Wajah kota itu berupa taman, infrastruktur perkotaan, optimalisasi dan pelayanan publik. Taman di kota Palembang ada 215 buah tapi yang masih terlihat bagus ada 100," ujar Pj Wako Palembang, Ratu Dewa, Jumat (29/12/2023).

Baca Juga: Palembang Bakal Punya Pengolah Sampah Kapasitas 150 Ton Sehari

1. Fokus revitalisasi taman yang ramai pengunjung

Ratusan Taman Kota Palembang Tak Terawat, Pemkot Janji RevitalisasiPj Wako Palembang, Ratu Dewa mdninjau Kawasan KI (IDN Times/Dok. Kominfo Palembang)

Pemkot berkomitmen agar ikon kota bisa tertata optimal dan berupaya konsisten menjaga serta mengubah wajah Palembang menjadi lebih estetik, dengan fasilitas lengkap agar taman kota dapat menjadi bagian lokasi wisata daerah.

"Tapi untuk memperbaiki lebih dari 100 taman, selain akan dianggarkan di APBD 2024, ada beberapa space yang butuh CSR pihak ketiga, seperti penataan seputar jogging track di Kambang Iwak," kata dia.

Kambang Iwak merupakan salah satu area favorit masyarakat Palembang untuk dikunjungi, karena memiliki kawasan jogging yang luas dengan beragam pilihan kuliner jalanan yang dapat dinikmati.

"Untuk revitalisasi akan difokuskan seperti di Kambang Iwak karena ramai pengunjung," timpalnya.

Baca Juga: Revitalisasi Danau OPI Palembang Habiskan Dana Rp28 Miliar

2. Keramik di Kambang Iwak banyak rusak dan licin

Ratusan Taman Kota Palembang Tak Terawat, Pemkot Janji RevitalisasiKambang Iwak Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Selain Kambang Iwak, area yang akan direvitalisasi adalah taman kota di bawah lintasan LRT Palembang serta taman kota seputar Jalan Angkatan 45, Simpang Polda dan Kawasan POM IX.

"Kalau di Kambang Iwak keramiknya sering rusak karena pengaruh akar pohon dan faktor-faktor lainnya. Jadi nanti akan segera diperbaiki. Keramiknya licin dan banyak masyarakat jatuh, saya minta untuk dibongkar semua," jelas Dewa.

3. TWA Punti Kayu juga akan dibenahi

Ratusan Taman Kota Palembang Tak Terawat, Pemkot Janji RevitalisasiTWA Punti Kayu

Tak hanya taman kota, Taman Wisata Alam (TWA) Punti Kayu Palembang juga menjadi perhatian Pemkot dan Pemerintah Provinsi untuk diperbaiki. Apalagi lokasi tersebut satu-satunya area wisata yang menyatu dengan alam.

"Bersama Pemprov juga akan membenahi Punti Kayu dan akan dianggarkan, ada anggarannya," kata Dewa.

Sementara menurut Pengelola TWA Punti Kayu Palembang, Raden Azka, lokasi ini memiliki luas total hampir 40 hektare dengan keberadaan sejumlah satwa yang tidak dilindungi. Selain itu, TWA Punti Kayu juga menyediakan kolam renang, water boom, wisata air dan perahu naga sebagai fasilitas tamu.

"Di sini juga bisa menggelar acara pernikahan atau kemping. Rencana jangka pendeknya, kami akan lakukan penanaman pohon, rehabilitasi lingkungan, dan menambah spot foto,” jelas dia.

Baca Juga: Revitalisasi Pasar 16 Ilir Palembang Masuk Tahap Perbaikan Drainase

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya