Profil Rektor Unsri Taufiq Marwa, Dosen Terbaik di Fakultas Ekonomi

Taufiq Marwa ingin mahasiswa tak cuma pintar tapi berakhlak

Palembang, IDN Times - Taufiq Marwa resmi terpilih menjadi Rektor Universitas Sriwijaya (Unsri) periode 2023-2027, karena mendapatkan suara terbanyak saat Rapat Senat Tertutup pada Senin (7/8/2023) lalu di Kampus Bukit Besar Palembang.

Taufiq Marwa sebelum mencalonkan diri menjadi Rektor pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Ekonomi selama dua periode, dan merupakan Dosen Kehormatan serta Guru Besar di Unsri.

Baca Juga: Taufiq Marwa Rektor Unsri Baru, Janji Buat Kampus Lebih Maju

1. Taufiq Marwa pernah menempuh pendidikan di Bandung

Profil Rektor Unsri Taufiq Marwa, Dosen Terbaik di Fakultas Ekonomiunsri.ac.id

Taufiq Marwa lahir di Desa Kotadaro, Tanjung Raja, Ogan Ilir (OI) pada 1968 silam. Saat menuntut ilmu di Perguruan Tinggi, ia mendapatkan beberapa beasiswa hingga menerima gelar Doktor.

Setelah mengabdi di Unsri, Taufiq Marwa menyandang status Profesor atas semua prestasi dan keberhasilannya mendidik mahasiswa sebagai Guru Besar.

Pendidikan terakhir Taufiq Marwa di Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung. Ia mengambil ilmu ahli bidang ekonomi. Dirinya juga dikenal sebagai dosen terbaik di Fakultas Ekonomi Unsri.

Baca Juga: 7 Kampus Negeri Terluas di Indonesia, Unsri Urutan Pertama

2. Pernah menjabat Wakil Rektor Bidang Umum, Kepegawaian dan Keuangan

Profil Rektor Unsri Taufiq Marwa, Dosen Terbaik di Fakultas EkonomiTaufiq Marwa Rektor Unsri 2023/2027 (IDN Times/Istimewa)

Guru besar yang lahir pada 24 Desember itu merupakan alumni SMP Negeri 12 Palembang dan SMA Negeri 9 Palembang. Sebelum kuliah di Unpad, Taufiq Marwa juga lulusan Fakultas Ekonomi Unsri dan meneruskan S2 di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh.

Selama di Unsri, Taufiq Marwa juga sempat menjabat sebagai Wakil Rektor bidang Umum, Kepegawaian dan Keuangan. Kini setelah terpilih menjadi Rektor, ia bermimpi membangun Unsri lebih baik.

"Tidak hanya untuk instansi tetapi untuk mahasiswanya juga. Saya ingin mewujudkan mimpi terbaik. Saya bermimpi bisa lahirkan alumni atau output yang memiliki kualitas baik. Artinya kualitas yang baik itu di atas rata-rata, dia bisa bersaing di masyarakat," kata Taufiq kepada IDN Times, Rabu (9/8/2023).

3. Taufiq ingin membawa kampus menjunjung tinggi aspek moralitas

Taufiq juga berharap selain kualitas yang baik, ia juga berusaha membawa Unsri menjunjung tinggi aspek moralitas dengan menciptakan mahasiswa berakhlak, berperilaku baik, serta melahirkan mahasiswa yang berguna bagi nusa, bangsa, maupun Tanah Air.

"Tidak mesti harus jadi PNS, bisa juga jadi pengusaha. Mereka yang penting memiliki moral baik, itu mimpi besar dari saya," jelas dia.

Baca Juga: Rektorat Unsri Belum Tahu Hukuman Kasus Mesum Dosen Reza Dipotong

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya