Pemprov Sumsel Minta Sriwijaya FC Tak Sembarangan Gunakan Stadion

Stadion Bumi Sriwijaya bakal jadi lokasi pertandingan U-17

Palembang, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan (Pemprov Sumsel) meminta manajemen Sriwijaya FC (SFC) tidak sembarangan memakai lapangan Stadion Bumi Sriwijaya. Stadion tersebut bakal dijadikan lokasi Piala Dunia U-17.

"Sriwijaya FC diizinkan menggunakan Stadion Bumi Sriwijaya untuk latihan dengan jadwal. Boleh dipergunakan asal mengikuti jadwal perawatan rumput stadion. Ada waktu memupuk dan menggilas," ujar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora Sumsel), Rudi Irawan, Senin (3/7/2023).

Baca Juga: Sriwijaya FC Latihan Perdana 3 Juli 2023 di Stadion Bumi Sriwijaya 

1. Sriwijaya FC sempat kesulitan mencari lokasi latihan

Pemprov Sumsel Minta Sriwijaya FC Tak Sembarangan Gunakan StadionDirektur Teknik PT Sriwijaya Optimis Mandiri (SOM) Indrayadi (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Sebelumnya, Laskar Wong Kito mengalami sedikit hambatan untuk melakukan latihan perdana karena belum mengantongi izin stadion dari Pemprov Sumsel. Manajemen Sriwijaya FC pun meminta izin agar masalah lokasi latihan tak terjadi lagi seperti musim kompetisi 2022/2023 lalu.

"Berharap ke depan Sriwijaya FC tidak kesulitan mendapatkan lapangan latihan, sehingga tidak berpindah-pindah seperti musim lalu ke Ogan Ilir dan Banyuasin," kata Dirtek Sriwijaya FC, Indrayadi.

Baca Juga: Sriwijaya FC Incar Pemain untuk Posisi Bek Kanan dan Kiri

2. Latihan mengikuti jadwal perawatan

Pemprov Sumsel Minta Sriwijaya FC Tak Sembarangan Gunakan StadionSituasi latihan Sriwijaya FC di Lapangan Bumi Sriwijaya Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Menurut Sekretaris Perusahaan Sriwijaya FC, Faisal Mursyid, manajemen berkomitmen menjaga kualitas rumput di Stadion Bumi Sriwijaya. Mereka pun menginginkan pelaksanaan Piala Dunia U-17 berlangsung di Palembang.

"Kita memakai stadion diatur. Tidak bisa sembarangan. Disesuaikan jadwal karena ada perawatan, dan Bumi Sriwijaya disiapkan untuk Piala U17, Piala Gubernur," timpalnya.

3. Klub butuh lapangan alternatif

Pemprov Sumsel Minta Sriwijaya FC Tak Sembarangan Gunakan StadionSekretaris Perusahaan PT Sriwijaya Optimis Mandiri (SOM) Faisal Mursyid (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Faisal mengatakan, Sriwijaya FC membutuhkan lapangan alternatif untuk latihan, agar tim asuhan coach Yoyo tidak terkendala untuk menyiapkan tim berlaga di kompetisi Liga 2 Indonesia tahun ini.

"Alternatif ini karena kita juga tahu. Stadion tidak bisa dipakai minggu depan karena untuk latihan dan pertandingan AFF U-19 Woman. Sudah full dipakai," jelas dia.

4. Sriwijaya FC komitmen menjaga Stadion Bumi Sriwijaya

Pemprov Sumsel Minta Sriwijaya FC Tak Sembarangan Gunakan StadionRenovasi Stadion Bumi Sriwijaya Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Meski Sriwijaya FC harus menyesuaikan pengaturan jadwal yang tidak mengganggu Piala AFF U-19 Women, Piala Gubernur U-20, atau persiapan Piala Dunia U-17, manajemen Sriwijaya FC mengaku tetap berusaha agar tim tetap bisa melakukan latihan tanpa hambatan.

"Kami komitmen mengikuti jadwal perawatan rumput. Pemakaian lapangan maksimal 25 jam dalam 1 minggu, sehingga perlu perawatan sehingga tidak bisa sembarangan dipakai. Stadion Bumi Sriwijaya ini bisa dikatakan sudah standar FIFA karena hampir semua yang diminta telah dipenuhi," kata Faisal

Baca Juga: Drawing Piala Dunia U-17 2023, Indonesia Masuk Pot 1

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya