Pemkot Palembang Tak Sanggup Penuhi Kebutuhan Minyak Goreng 

Pemkot desak 20 distributor atas kelangkaan minyak goreng

Palembang, IDN Times - Kebutuhan minyak goreng di Palembang yang tinggi membuat Pemerintah Kota (Pemkot) memutar otak, demi  mengatasi kelangkaan minyak goreng di pasaran termasuk di toko ritel.

Sekretaris Daerah (Sekda) Palembang, Ratu Dewa, mengaku hingga saat ini Pemkot belum dapat memenuhi kebutuhan harian masyarakat terhadap minyak goreng.

"Ini sudah menjadi masalah nasional dan wilayah kita bukan satu-satunya. Sehingga kebutuhan yang kurang menjadi masalah kita semua, termasuk Pemkot Palembang yang belum bisa memenuhi kebutuhan menyeluruh," ujarnya, Selasa (2/3/2022).

1. Butuh bantuan distributor memenuhi kebutuhan minyak goreng

Pemkot Palembang Tak Sanggup Penuhi Kebutuhan Minyak Goreng Ilustasi minyak goreng di pasaran (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Kebutuhan minyak goreng di Palembang yang belum sepenuhnya disanggupi Pemkot, membuat pihaknya terus berupaya menangani persoalan tersebut. Salah satunya dengan meminta pasokan minyak goreng langsung kepada distributor resmi.

"Selain operasi pasar minyak goreng, Palembang yang ternyata dilayani 20 distributor minyak goreng, meminta mereka untuk membantu mengatasi kelangkaan," kata dia.

Baca Juga: Palembang Butuh 1,8 Juta Liter Minyak Goreng dalam Sebulan 

2. Pemkot Palembang khawatir stok minyak goreng terus menipis dan harga makin melonjak

Pemkot Palembang Tak Sanggup Penuhi Kebutuhan Minyak Goreng Ilustrasi minyak goreng nonsubsidi (IDN Times/Shemi)

Dewa menuturkan, kelangkaan minyak goreng di Palembang tidak boleh dibiarkan berkepanjangan. Sebab kondisi seperti sekarang bisa membuat harga minyak goreng semakin naik.

"Kami pun berupaya dan berkoordinasi dengan distributor untuk mendorong stok di operasi pasar murah dengan ketersediaan lebih banyak," tuturnya.

Baca Juga: Ogan Ilir Ajukan 4 Ton Minyak Goreng ke Pemprov Sumsel

3. Pemkot Palembang klaim stok 3,5 ton minyak goreng di pasar murah meringankan beban masyarakat

Pemkot Palembang Tak Sanggup Penuhi Kebutuhan Minyak Goreng Ilustrasi minyak goreng nonsubsidi (IDN Times/Shemi)

Pemkot Palembang mengklaim, sejauh ini pihaknya sudah maksimal membantu meringankan beban masyarakat, yakni dengan menyediakan 3,5 ton minyak goreng di tujuh titik operasi pasar.

"Kami sudah berupaya dan sedikitnya sudah sangat membantu masyarakat. Memang ini bukan solusi satu-satunya, tapi paling tidak meringankan beban mereka mencari minyak goreng," tandas dia.

Baca Juga: HET Minyak Goreng Ketetapan Pemerintah Picu Kelangkaan

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya