Palembang Terima Jatah 4 Ribu Vaksin Moderna untuk Masyarakat Umum

Stok vaksinasi sudah disebar ke rumah sakit dan puskesmas 

Palembang, IDN Times - Masyarakat umum di Palembang sudah bisa mendapatkan vaksinasi moderna di sejumlah rumah sakit dan fasilitas kesehatan (faskes). Warga Palembang bisa mendapat vaksin dengan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP), atau surat domisili bagi yang berasal dari luar kota.

"Selain booster bagi nakes, masyarakat sudah bisa vaksinasi moderna untuk yang belum dosis 1 dan dosis 2," ujar Kabid Kesehatan Masyarakat dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Palembang, dr Mirza Susanty kepada IDN Times, Kamis (2/9/2021).

1. Vaksinasi masih bergantung pada stok

Palembang Terima Jatah 4 Ribu Vaksin Moderna untuk Masyarakat UmumANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Jatah vaksin Moderna yang diterima Dinkes Palembang mencapai 4.825 dosis, tersimpan di Gudang Farmasi dan tersebar ke beberapa rumah sakit serta puskesmas tiap kecamatan atau kelurahan.

"Ada empat ribuan dosis Moderna untuk warga Palembang. Vaksinasi masih dilakukan massal tergantung stok. Rumah Sakit Charitas, Gandus, BARI, dan RSMH, sudah menerima vaksinasi Moderna," kata dia.

Baca Juga: Jelang Belajar Tatap Muka, Baru 82 Persen Guru di Palembang Vaksinasi

2. Kekebalan imunitas vaksin moderna capai 95 persen

Palembang Terima Jatah 4 Ribu Vaksin Moderna untuk Masyarakat UmumVaksin Moderna (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)

Antusias masyarakat mendapat vaksinasi Moderna diketahui lebih tinggi ketimbang Sinovac. Berdasarkan hasil penelitian ilmiah, tingkat kekebalan yang ditimbulkan pasca injeksi vaksin merek Moderna hingga 95 persen.

"Dibandingkan dengan vaksin COVID-19 lainnya, Moderna sedikit lebih baik untuk mencegah penularan virus corona," timpalnya.

3. RSMH Palembang sediakan 1.200 dosis vaksin Moderna

Palembang Terima Jatah 4 Ribu Vaksin Moderna untuk Masyarakat UmumIlustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Sebelumnya, vaksinasi massal moderna telah dilakukan di Rumah Sakit Pusat Dr Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang melalui online http://app.rsmh.co.id/vaksin/.

"Sudah dari dua hari kemarin kami melayani vaksinasi Moderna umum untuk nakes dan masyarakat. Ada 1.200 dosis kita sediakan," ujar Humas RSMH Palembang, Suhaimi.

Baca Juga: Pemkot Palembang Target Vaksinasi Siswa Tuntas di Akhir Tahun

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya