Palembang Tambah Rute Angkot Feeder LRT Mulai Oktober 2022

Total ada lima rute yang dilewati angkot feeder LRT

Palembang, IDN Times - Pemerintah daerah bakal menambah rute angkutan umum kota (Angkot) feeder, sebagai fasilitas penghubung transportasi publik yang tak melewati perlintasan rel Light Rail Transit (LRT) di Palembang.

Penambahan rute perjalanan transportasi dengan fasilitas pendingin ruangan atau air conditioner (AC) itu, mulai beroperasi bulan depan pada Oktober 2022. Bahkan angkot feeder itu masih bisa dinikmati masyarakat Palembang secara gratis.

Baca Juga: Gegara Oplet Feeder, Penumpang LRT Palembang Meningkat Tajam

1. Penambahan rute akan diurus Dishub Palembang

Palembang Tambah Rute Angkot Feeder LRT Mulai Oktober 2022Suasana jalan di Jakabaring Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Wali Kota (Wako) Palembang, Harnojoyo mengatakan, rute angkot feeder ditambah Pemerintah Kota (Pemkot) untuk mewujudkan gerakan penggunaan transportasi umum.

"Dimulai bulan depan, kita menambah dua rute yang disiapkan Dinas Perhubungan (Dishub) Palembang secara bertahap hingga lima rute di tahun ini," kata dia, Selasa (27/9/2022).

Baca Juga: Promo Kartu Merdeka, Naik LRT Sumsel Sebulan Hanya Rp30.000 

2. Jalur angkot feeder di Kawasan Pasar 16 Palembang akan ditertibkan

Palembang Tambah Rute Angkot Feeder LRT Mulai Oktober 2022Wali Kota (Wako) Palembang, Harnojoyo (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Satu rute angkot feeder yang banyak diminati warga Palembang yakni di Pasar 16. Pemkot bakal menertibkan jalur di bawah Jembatan Ampera terlebih dahulu.

"Penertiban juga akan dilakukan karena banyak pedagang berjualan di bahu jalan. Jadi nanti Dishub dan dinas terkait yang menertibkannya (jalur angkot feeder)," jelasnya.

3. Penambahan rute didukung BPTS Sumsel

Palembang Tambah Rute Angkot Feeder LRT Mulai Oktober 2022Ilustrasi transaksi di LRT Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Rencana penambahan rute angkot feeder diputuskan setelah melakukan pertemuan dengan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTS) Wilayah VII Sumsel, bersama Kepala Balai Pengelola Kereta Api Ringan Sumsel.

"Angkot feeder ini terhubung dengan LRT. Masyarakat yang jauh dari stasiun LRT bisa terhubung dengan angkot feeder," timpal dia.

4. Baru dua rute yang beroperasi sejak Juni 2022

Palembang Tambah Rute Angkot Feeder LRT Mulai Oktober 2022Masjid Agung Palembang di Jalan Jenderal Sudirman (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Berikut lima rute angkot feeder yang direncanakan segera beroperasi mulai Oktober 2022:

1. RUTE HALTE LRT RSUD SITI FATIMAH – SUKABANGUN II
2. RUTE TEGAL BINANGUN – OPI MALL
RUTE KOMPLEK OPI – STASIUN DJKA
3. RUTE PERUM TALANG BETUTU - SIMPANG KADES - ST. LRT ASRAMA HAJI
4.CIRCLE LINE (USULAN AWAL) : TITIK AWAL DI MUSEUM TEKSTIL
5. CIRCLE LINE (USULAN DISHUB) : TITIK AWAL DI HALTE INTEGRASI BAWAH AMPERA

Angkot feeder yang aktif beroperasi sejak Juni 2022 hanya ada dua rute, yakni jalur Talang Kelapa-Talang Buruk dan Asrama Haji-Sematang Borang.

Baca Juga: Angkutan Umum dengan AC Beroperasi di Palembang 1 Juli 2022, Gratis!

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya