Palembang Siapkan 4 Ribu Dosis Vaksin Booster Bagi Guru

Guru diminta partisipatif untuk cegah penularan di sekolah

Palembang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Dinas Pendidikan (Disdik), sudah menyiapkan ribuan dosis vaksin booster atau vaksinasi tahap ketiga untuk guru dan para tenaga pendidik.

"Kita mulai lakukan vaksinasi COVID-19 dosis ketiga atau vaksin penguat untuk 4.000 guru di Palembang," ujar Kepala Disdik Palembang, Ahmad Zulinto, Selasa (8/2/2022).

1. Guru di Palembang sudah banyak menerima vaksinasi primer

Palembang Siapkan 4 Ribu Dosis Vaksin Booster Bagi Guruilustrasi vaksin COVID-19 (IDN Times/Aditya Pratama)

Pelaksanaan vaksinasi tahap ketiga atau booster bagi guru sudah diselenggarakan sejak Selasa (8/2/2022) di Gedung Persatuan Guru Republik Indonesia Sumatra Selatan (PGRI Sumsel), Plaju, Palembang.

"Sebagian besar guru sudah menyelesaikan vaksinasi primer dosis pertama dan kedua, artinya dosis ketiga kita lanjutkan agar imun tubuh optimal," kata dia.

Baca Juga: Kerumunan di Festival Sekanak Lambidaro, Komitmen Pemkot Dipertanyakan

2. Vaksinasi booster untuk guru digelar dua hari

Palembang Siapkan 4 Ribu Dosis Vaksin Booster Bagi GuruKepala Dinas Pendidikan Palembang Ahmad Zulinto (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Vaksinasi hasil kerja sama Polda Sumsel itu dilaksanakan untuk mengantisipasi penularan varian lain COVID-19, dan mengoptimalkan upaya mitigasi penyebaran kasus di lingkungan pendidikan.

"Vaksinasi dilakukan sampai Rabu, dan besok dilaksanakan di Kantor Disdik Palembang.. Dosis dibagi per harinya sebanyak 2.000 dosis," jelasnya.

Baca Juga: Pasien COVID-19 di Sumsel Meningkat, Pemprov Salahkan Prokes Kendur

3. Berharap guru berpartisipasi aktif untuk vaksin booster

Palembang Siapkan 4 Ribu Dosis Vaksin Booster Bagi Guruilustrasi vaksin booster (IDN Times/Aditya Pratama)

Zulinto berharap vaksinasi massal tahap ketiga bagi tenaga pendidik bisa mendorong partisipasi aktif para guru, agar pembelajaran di sekolah bisa kembali berjalan normal.

"Apalagi sekarang kasus meningkat lagi. Kita sudah ada kasus di SD 142, SMP 27, SMP 9, dan SMP 10," timpal dia.

Baca Juga: Gubernur Sumsel Serahkan Keputusan Belajar Daring ke Orangtua Siswa

4. Dinkes dan Disdik Palembang mengawasi sekolah dengan murid terpapar COVID-19

Palembang Siapkan 4 Ribu Dosis Vaksin Booster Bagi GuruTenaga kesehatan menunjukkan vaksin COVID-19 Moderna. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Menyoal kelanjutan aktivitas di sekolah dengan muridnya positif COVID-19, Zulinto menegaskan pihaknya sudah menghentikan belajar tatap muka dan dialihkan daring.

"Waktu screening ada siswa positif COVID-19, jumlahnya kami belum tahu, tapi saat ini masih dalam pengawasan Dinkes," tandas dia.

Baca Juga: 10 SD dan SMA di Palembang Setop PTM Pasca Siswa Positif COVID-19

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya