Gubernur Sumsel Serahkan Keputusan Belajar Daring ke Orangtua Siswa

PTM di Sumsel akan dievaluasi per daerah

Palembang, IDN Times - Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel), Herman Deru, menyebut keputusan penghentian Pembelajaran Tatap Muka (PTM) sementara oleh SMA Negeri 6 Palembang sudah tepat, setelah tiga orang siswa terpapar virus COVID-19.

"Jadi untuk pembelajaran daring ini kita kembalikan kepada orangtua siswa. Kalau ada keraguan, silakan saja untuk sekolah online," ungkap Deru, Jumat (4/2/2022).

1. Keputusan orangtua krusial menentukan

Gubernur Sumsel Serahkan Keputusan Belajar Daring ke Orangtua SiswaIlustrasi sekolah daring (ANTARA FOTO/Maulana Surya)

Deru menuturkan, kesehatan anak-anak harus menjadi prioritas. Orangtua siswa memiliki peran penting untuk menentukan pilihan yang terbaik untuk anaknya. Keputusan orangtua tersebut harus diterima pihak sekolah.

"Kembali lagi ke mana orangtua menentukan. Kalau orangtua mengizinkan anaknya pembelajaran tatap muka, ya silakan," jelas dia.

Baca Juga: 3 Siswa Positif COVID-19, SMAN 6 Palembang Kembali Daring

2. PTM akan selalu dievaluasi

Gubernur Sumsel Serahkan Keputusan Belajar Daring ke Orangtua Siswapingpoint.co.id

Menurut Deru, keputusan pembelajaran daring tidak bisa diambil menyeluruh, perlu evaluasi mendalam terhadap aktivitas seluruh sekolah. Apalagi SMA yang sudah menjalankan PTM tidak hanya di Palembang.

"Jadi kita perlu lihat aturan ini satu-satu, harus dievaluasi tergantung kondisi wilayahnya," beber dia.

3. Pembelajaran daring dan luring ada teknisnya

Gubernur Sumsel Serahkan Keputusan Belajar Daring ke Orangtua SiswaKepala Dinas Pendidikan Sumatra Selatan (Disdik Sumsel), Riza Fahlevi (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sumsel, Riza Fahlevi mengatakan, sejauh ini baru tiga siswa di satu sekolah yang terpapar COVID-19. Pihak Disdik pun meminta kepada sekolah tetap memperhatikan aturan petunjuk teknis soal pembelajaran di saat pandemik.

"Jika ada satu sekolah di dalamnya yang terpapar COVID-19, maka pihak sekolah wajib memberlakukan belajar daring," tutup dia.

Baca Juga: Epidemolog Sumbar Minta Waspada Potensi Klaster Gerai Vaksinasi

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya