Jembatan Ampera dan BKB Ditutup Saat Malam Tahun Baru

Satpol PP turunkan 120 personel jaga keamanan

Palembang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), mengantisipasi keramaian malam tahun baru dengan menutup wilayah utama di sekitaran Jembatan Ampera dan pelataran Benteng Kuto Besak (BKB). Tindakan itu dilakukan demi menekan kerumunan masyarakat saat malam pergantian tahun.

"Ada dua spot utama yang kita tutup. Jembata Ampera pastinya, BKB, dan sekitarnya, serta wilayah Ulu di Jakabaring Sport City (JSC)," ujar Kepala Satpol PP Palembang, GA Putra Jaya, Rabu (30/12/2020).

1. Satpol PP Palembang dibantu personel gabungan TNI dan Polri

Jembatan Ampera dan BKB Ditutup Saat Malam Tahun BaruSuasana kota Palembang di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) saat corona mewabah (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Tidak hanya menutup dua tempat utama itu, antisipasi pengamanan juga akan dilakukan terhadap beberapa titik seperti Jembatan Musi IV, Musi II, dan jembatan baru Musi VI. Nantinya petugas di lapangan akan berjaga dan membubarkan masyarakat jika terjadi penumpukan.

"Kita akan terjunkan 120 orang personel dibantu juga kepolisian serta Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palembang," kata dia.

Baca Juga: Imbau Warga Tak Rayakan Tahun Baru, Harnojoyo: Momen Evaluasi Diri

2. Bakal tertibkan pedagang kaki lima

Jembatan Ampera dan BKB Ditutup Saat Malam Tahun BaruSituasi terminal kapal di pinggiran Sungai Musi bawah Jembatan Ampera (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Putra menerangkan, pengamanan malam tahun baru serta penutupan lokasi yang menjadi pusat keramaian di Palembang, juga berlaku terhadap pedagang kaki lima di BKB dan pedestrian Sudirman, termasuk kawasan taman publik Kambang Iwak Family di Talang Semut.

"Kita juga akan tertibkan pedagang kami lima yang berjualan di BKB dan pedestrian Sudirman sesuai aturan daerah," terang dia.

3. Sektor hiburan seperti hotel turut dipantau

Jembatan Ampera dan BKB Ditutup Saat Malam Tahun BaruSituasi di atas Jembatan Ampera Kota Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Anom Setyadji menambahkan, skema pengamanan tahun baru 2021 dilakukan pada tiga titik. Pertama konsentrasi massa di BKB, Jembatan Ampera, Bundaran air mancur, Jakabaring, Kambang Iwak, Punti Kayu, Amazing Water Park, Jembatan Musi 4 dan Musi 6.

"Kedua, hotel dan tempat hiburan di antaranya Novotel dan Aryaduta. Lalu ketiga tempat ibadah. BKB ditutup tetapi tetap harus diawasi, nanti konsentrasi massa berpindah ke kawasan Kambang Iwak," jelas dia.

Baca Juga: Larang Perayaan Natal-Tahun Baru, Kapolda Sumsel: Lakukan di Rumah 

4. Polrestabes dan intel bersiaga di lapangan

Jembatan Ampera dan BKB Ditutup Saat Malam Tahun BaruIlustrasi kota Palembang di Jembatan Ampera Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Sedangkan penjagaan di tempat hiburan seperti hotel, Anom menyebutkan akan ada anggota atau Kasat Intel yang bakal terus berkomunikasi, serta memeriksa kondisi dan keadaan terkini saat pergantian malam tahun baru.

"Tidak ada kegiatan di tempat karaoke dan hotel. Tempat Ibadah juga dilihat dan dipantau. Lokasi rawan kita tetap siaga, Laka lantas macet dan banjir. Kita siapkan semua personel dan gabungan untuk terjun langsung," tandas dia.

Baca Juga: Peresmian Musi VI dengan Lampu Warna-Warni Bisa Picu Keramaian

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya