Ini Kriteria Pasien COVID-19 yang Dirawat Wisma Atlet Palembang

Pemerintah siapkan tiga tower di Wisma Atlet Jakabaring

Palembang, IDN Times - Rumah Sehat di Wisma Atlet Jakabaring, Palembang, menjadi tempat khusus isolasi pasien COVID-19. Setelah dua tower yang dibuka, pemerintah menambah satu tower tambahan untuk isolasi pasien positif COVID-19.

Namun tidak seluruh pasien COVID-19 bisa dirawat di sana. Ada kriteria tertentu yang berlaku, yakni prioritas utama hanya bagi pasien bergejala ringan atau orang tanpa gejala (OTG).

"Tapi hasil tes positif juga harus berdasarkan uji klinis pemeriksaan swab PCR," ujar PIC Rumah Isolasi Wisma Atlet Jakabaring, HM Bahori, Minggu (11/7/2021).

1. Pasien memiliki surat rekomendasi dari puskesmas atau rumah sakit

Ini Kriteria Pasien COVID-19 yang Dirawat Wisma Atlet PalembangIlustrasi Rumah sakit rujukan COVID-19. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Bagi pasien COVID-19 bergejala ringan atau status OTG, ketentuan lain adalah tanpa komorbid atau penyakit penyerta, usia kurang dari 60 tahun, serta memiliki rekomendasi dari puskesmas maupun rumah sakit.

"Kemudian bersedia untuk isolasi dan mematuhi peraturan di Rumah Sehat ini," kata dia.

Baca Juga: ICU RS Rujukan Utama COVID-19 di Sumsel Penuh, Kasus Harian Terus Naik

2. Pasien di luar kriteria bisa isolasi dengan persetujuan Dinkes Sumsel

Ini Kriteria Pasien COVID-19 yang Dirawat Wisma Atlet PalembangIlustrasi personel Satgas Mobile COVID-19 memeriksa kondisi pasien diduga terjangkit virus Corona (COVID-19) di ruang isolasi Rumah Sakit (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Apabila pasien bersedia isolasi, maka pihak rumah sakit atau puskesmas menghubungi Rumah Sehat COVID-19 melalui call center 0823 7275 5097. Mereka akan merujuk pasien melalui SISRUTE dengan faskes COVID- 19 Provinsi Sumsel sebagai faskes tujuan.

Selanjutnya, petugas SISRUTE Rumah Sehat COVID-19 akan merespon rujukan yang masuk, lalu menginformasikan kepada dokter di Rumah Sehat, agar pasien segera mendapatkan persetujuan perawatan selama isolasi berlangsung.

"Untuk penerimaan pasien di luar kriteria seperti kasus suspek, kontak erat, dan pelaku perjalanan, maka petugas Rumah Sehat akan berkoordinasi dengan Dinkes Sumsel," jelas dia.

3. Pasien COVID-19 dengan kondisi buruk langsung dirujuk ke RS utama

Ini Kriteria Pasien COVID-19 yang Dirawat Wisma Atlet PalembangIlustrasi ruang isolasi. (ANTARA FOTO/Fauzan)

Bahori menerangkan, jika selama isolasi di Rumah Sehat hasil pemantauan didapatkan gejala yang makin berat atau memburuk, pasien akan dirujuk ke Rumah Sakit rujukan COVID-19 yang telah ditetapkan.

"Sedangkan untuk fasilitas yang ada di Rumah Sehat Wisma Atlet seperti kamar tidur, dan kamar mandi di dalam masing-masing kamar, ada meja, kursi, dan lain-lain," terangnya.

Sementara untuk jadwal makan, pasien dalam sehari tiga kali mendapat makan besar dan snack dua kali dalam sehari. Kemudian pakaian bisa dicuci sendiri atau dititipkan keluarga untuk antar jemput.

"Sebelum pakaian diambil harus disemprot dulu dengan disinfektan," tandas dia.

Baca Juga: Dilema Sektor Hiburan di Palembang; Langgar Aturan atau PHK

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya