Comscore Tracker

Ditambah Lagi, Anggaran Tangani COVID-19 Palembang Total Rp200 Miliar

Ada tiga sumber dana yang digeser

Palembang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang selaku tim gugus COVID-19 memastikan anggaran dana penanganan bertambah dari dana awal sebesar Rp116 miliar, kemudian naik Rp120 miliar dan putusan terakhir mencapai Rp200 miliar.

"Hasil ini, kita bulatkan setelah melakukan rapat koordinasi dengan sistem pengkajian bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Palembang, untuk memperkuat bantuan ke bidang kesehatan, ekonomi dan jaringan pengamanan sosial," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Palembang, Ratu Dewa Rabu (8/4).

1. Alokasi anggaran berasal dari tiga sumber pergeseran dana

Ditambah Lagi, Anggaran Tangani COVID-19 Palembang Total Rp200 MiliarSekretaris Daerah (Sekda) Palembang, Ratu Dewa (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Dewa mengatakan, kenaikan anggaran tersebut sebagai upaya memperkuat dan mempercepat dana bantuan sampai ke pihak tepat sasaran. Karena sesuai permintaan Kemendagri (Kementrian Dalam Negeri) penanganan COVID-19 memang harus segera terealisasi.

"Semua pihak terkait sudah rapat koordinasi terbatas (rakortas) dipimpin Pak Wali Kota Harnojoyo. Alokasi berasal dari pergeseran beberapa anggaran beberapa OPD (Organisasi Perangkat Daerah), pergeseran dana perjalanan dinas, dana BOK (Biaya Operasional Kesehatan) dan DAK (Dana Alokasi Khusus)," kata dia.

Baca Juga: Warga Miskin Palembang Diprediksi Meningkat, Pemkot Wacanakan Hal Ini

2. Dana terkumpul direalisasikan selama beberapa bulan ke depan

Ditambah Lagi, Anggaran Tangani COVID-19 Palembang Total Rp200 MiliarIlustrasi virus corona. IDN Times/Arief Rahmat

Berdasarkan, alokasi yang telah dihimpun, jelas Dewa. Realisasi bantuan penanganan COVID-19 tersebut akan dilakukan untuk jangka waktu beberapa bulan ke depan.

"Karena dana yang kita kumpulkan ini memang khusus diasumsikan dalam menangani Corona. Artinya pergeseran anggaran hanya dilakukan dalam jangka tertentu. Jadi untuk penanganan COVID-19 targetnya dalam kurun waktu 3 bulan. Semoga ke depan masalah ini sudah selesai," jelasnya.

3. Dana alokasi COVID-19 termasuk bantuan logistik untuk ODP dan PDP

Ditambah Lagi, Anggaran Tangani COVID-19 Palembang Total Rp200 MiliarIlustrasi pergeseran dana ekonomi (IDN Times/Arief Rahmat)

Dewa menerangkan, tidak saja untuk menangani meluasnya penyebaran COVID-19. Anggaran alokasi tersebut juga akan ada ruang khusus diberikan ke bantuan medis.

"Medis untuk kesehatan maksudnya, kita upayakan langsung ke pihak ODP (Orang dalam pantauan) dan PDP (Pasien Dalam Pengawasan). Bantuan ini merupakan logistik yang hanya diberi ke masyarakat berstatus ODP dan PDP," terang dia.

4. Wali Kota Palembang usulkan dokter relawan untuk menangani COVID-19

Ditambah Lagi, Anggaran Tangani COVID-19 Palembang Total Rp200 MiliarWali Kota Palembang Harnojoyo (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Sementara, menurut Wali Kota Palembang, Harnojoyo. Selain bantuan alokasi dana dalam menangani kasus COVID-19. Pihaknya pun tengah mempersiapkan upaya lain yakni dengan mencari relawan medis.

"Rencana secepatnya kita akan layangkan surat ke Universitas Muhammadiyah, untuk menjadikan mahasiswa akhir fakultas kedokterannya, sebagai relawan," ujarnya.

"Karena usulan ini juga menarik, kemudian upaya lain adalah mencoba meniadakan mudik kalau tidak terlalu penting, hingga sedang persiapan penambahan APD (alat pelindung diri) bagi tenaga kesehatan," tandas dia.

Baca Juga: Pemkot Palembang Usulkan Anggaran COVID-19 Naik hingga Rp120 Miliar

Topic:

  • Feny Maulia Agustin
  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya