Comscore Tracker

Dispar Palembang Ajak Gojek Bikin GoBoat untuk Transportasi Air

Gandeng aplikator khusus layanan digital

Palembang, IDN Times - Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Palembang melempar wacana program wisata air menggunakan transportasi online, dengan pesan layanan melalui aplikasi khusus. Pihaknya berencana menggandeng aplikator untuk menindaklanjuti proses pengembangannya.

"Palembang lagi kita gencarkan wisata air. Diharapkan nanti untuk saling melengkapi ada transportasinya, pakai ketek bisa pesan online. Destinasi sungai ke Pulau Kemaro dari BKB bisa lebih mudah," ujar Kepala Dispar Palembang, Isnaini Madani, Kamis (10/9/2020).

1. Sebut wisatawan dapat menikmati wisata air lebih lama dengan transportasi online

Dispar Palembang Ajak Gojek Bikin GoBoat untuk Transportasi AirKepala Dinas Pariwisata Palembang Isnaini Madani (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Selama ini wisatawan yang datang ke Palembang ingin mengunjungi Pulau Kemarau, dan butuh waktu sekitar satu jam untuk berkeliling. Isnaini mengharapkan penyediaan layanan transportasi air membuat wisatawan betah di Bumi Sriwijaya.

"Maksudnya, sekalian program Pemkot prioritas Pak Wali Kota mengembalikan fungsi sungai. Seiring nanti ada sungai terpadu Sekanak itu, sekaligus wisata air ke Pulau Kemaro, jadi jalan-jalan pakai perahu online bisa lebih lama," sambungnya.

Baca Juga: Penertiban Tinggal 5 Persen, Pembangunan Sungai Sekanak Malah Diundur

2. Dispar Palembang sempat bahas layanan transportasi air online bersama aplikator

Dispar Palembang Ajak Gojek Bikin GoBoat untuk Transportasi AirIlustrasi Jembatan ampera dan sungai musi palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Isnaini menerangkan, pengembangan aplikasi tersebut baru bisa terlaksana bila pembangunan wisata air sungai terpadu sudah rampung. Sehingga wisatawan dapat menikmati hiburan sungai dengan maksimal.

"Kalau program Kampung Air Pulau Kemaro lagi berjalan (revitalisasi). Soal rencana aplikasi, nanti bisa kerja sama Gojek membuat layanan khusus GoBoat contohnya. Sempat kami bicarakan, menyangkut biaya ambang batas belum dibahas lagi," terang dia.

3. Pemkot upayakan tetap ada pembangunan di tengah pandemik COVID-19

Dispar Palembang Ajak Gojek Bikin GoBoat untuk Transportasi AirKantor Wali Kota Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Meski dalam kondisi pandemik COVID-19, kata Isnaini, Pemerintah Kota (Pemkot) tetap mengupayakan pembangunan walau di tengah keadaan dan anggaran terbatas. Sebab dari pembangunan, perekonomian masyarakat masih bisa hidup kembali.

"Nanti ada pendekatan terhadap warga, wisata kita ada value. COVID-19 jangan dijadikan alasan berdiam diri. Jangan nol pembangunan," ungkapnya.

4. Gojek sambut baik wacana Dispar Palembang dan siap mendukung pengembangan

Dispar Palembang Ajak Gojek Bikin GoBoat untuk Transportasi AirHead of Corporate Affairs Gojek Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel), Aji Wihardandi (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Corporate Affairs Gojek Sumbagsel, Aji Wihardandi menambahkan, pihaknya menyambut baik wacana Dispar soal layanan online transportasi air. Gojek kata Aji berusaha mengembangkan inovasi yang berdampak kepada sosial masyarakat.

"Berbagai bentuk kerja sama pastinya akan kami bahas dengan detail bersama pemangku kebijakan. Jika memungkinkan diakomodir oleh kedua belah pihak, akan diadakan uji coba terlebih dahulu tentunya," tambah dia.

Namun sejauh ini Gojek sedang membahas masalah tersebut secara internal. Pihaknya tengah berkomunikasi mengenai apa saja rencana pemerintah untuk pembangunan jangka panjang, seperti Gojek yang hadir untuk menghilangkan friksi harian masyarakat.

Baca Juga: Pemkot Palembang Siapkan Rp19,6 Miliar Menata Sekanak sebagai Wisata 

Topic:

  • Feny Maulia Agustin
  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya