Comscore Tracker

Bulog Sebut Stok Gula 500 Ton di Palembang Jelang Ramadan 

Pengiriman selesai akhir April

Palembang, IDN Times - Perusahaan Umum Perum Badan Urusan Logistik atau Bulog Wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel), menjamin ketersediaan gula di Kota Palembang jelang Ramadan tahun 2020.

Tak tanggung-tanggung, bahkan hingga 500 ton. Padahal konsumsi rata-rata tiap bulan hanya 100-150 ton per bulannya. Artinya jatah tersebut bisa mencukupi kebutuhan hingga tiga bulan ke depan.

"Mendekati bulan puasa atau ramadan tahun ini, kami memiliki stok gula mencapai 500 ton dari pabrik di Bandar Lampung. Insya Allah ketersediaan ini cukup dan tidak ada lagi kejadian penimbunan atau harga yang melonjak tinggi," ujar Wakil Pimpinan Wilayah Perum Bulog Sumsel dan Bangka Belitung, Yudi Wijaya kepada IDN Times, Rabu (8/4).

1. Jatah 500 ton gula selesai dipasok akhir April

Bulog Sebut Stok Gula 500 Ton di Palembang Jelang Ramadan Kenaikan harga sembako terutama gula pasir di Pasar Kamboja Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Yudi mengatakan, dari total 500 ton ketersediaan gula saat ini pihaknya belum menerima keseluruhan, karena masih dalam proses pengiriman barang. Ia menjamin seluruh pasokan sudah tersedia di akhir April.

"Baru ada 80 ton, tapi kita targetkan sampai bulan ini semua sudah ada di gudang. Artinya Sumsel terutama Palembang sudah aman dari kelangkaan gula. Gula itu akan didistribusi seperti biasa ke pasar dengan HET (Harga Eceran Tertinggi) yang ditentukan Rp 12.500," kata dia.

2. Pemerintah pusat akan tambah pasokan jika ketersediaan gula di Palembang kurang

Bulog Sebut Stok Gula 500 Ton di Palembang Jelang Ramadan Ilustrasi gula (IDN Times/Dokumen)

Terpisah Kepala Dinas Perdagangan Kota Palembang, Hardayani menyampaikan, pemerintah pusat akan menambah pasokan jika stok gula di pasaran berkurang.

"Masih ada stok 13 ribu ton gula dari pusat kalau kebutuhan masih kurang. Kesedian gula akan dipenuhi oleh pemerintah pusat, impor dari India untuk mengantisipasi agar harga tidak," terangnya.

Baca Juga: Ramadan, Menag Minta Umat Muslim Salat Tarawih di Rumah Saja

3. Terima tambahan 36 ton tepung terigu ke gudang Perum Bulog Sumsel

Bulog Sebut Stok Gula 500 Ton di Palembang Jelang Ramadan Ilustrasi penyimpanan logistik di Gudang Bulog Sumsel (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Tidak saja mencukupkan ketersediaan gula di Kota Palembang, Perum Bulog Sumsel dan Babel kata Yudi, juga menyiapkan logistik dapur lainnya seperti tepung terigu, minyak goreng dan daging.

"Kita mendapat tambahan 36 ton tepung terigu. Semua dalam perjalanan, mudah-mudahan adanya stok masuk pangan yang baru ini warga Kota Palembang tidak kekurangan komoditi sampai dengan tiga bulan ke depan," sambungnya.

Baca Juga: Herman Deru Minta Masyarakat Tidak Bully Pasien Positif dan Keluarga

4. Kebutuhan beras wilayah Sumsel juga aman tersedia

Bulog Sebut Stok Gula 500 Ton di Palembang Jelang Ramadan Ilustrasi penyimpanan logistik di Gudang Bulog Sumsel (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Bahan pokok seperti beras juga masih dalam keadaan aman, karena dari Perum Bulog Pusat juga mendistribusikan dengan jumlah yang banyak.

"Ada tambahan juga pengiriman beras sebanyak 1.250 ton dari DKI Jakarta. Jumlah ini lumayan dan bisa menutupi stok yang mulai menipis. Bahkan untuk stok beras di wilayah Sumsel dan Babel kami prediksi aman, tidak kurang," imbuh Yudi.

Baca Juga: Tips Bikin Gula Aren yang Berkualitas, Lebih Sehat dari Gula Pasir

Topic:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya