Babi Hutan Masuk Kawasan Pelaksanaan Piala Dunia U20 di Palembang

Pengelola JSC Palembang bentuk tim pemburu hewan liar

Palembang, IDN Times - Jakabaring Sport City (JSC) Palembang yang menjadi kawasan tuan rumah pelaksanaan Piala Dunia U20 tahun 2021, ramai diperbincangkan warganet di media sosial. Pasalnya, seekor babi hutan masuk ke lokasi tersebut dan mengejar sejumlah pengunjung.

Kendati tidak masuk ke lingkungan Stadion Gelora Sriwijaya (GSJ) di JSC, namun area di sana termasuk bagian perbaikan dan renovasi menyambut pesta olahraga dunia yang bakal terlaksana tahun depan. Pengelola JSC pun memastikan tidak ada kerusakan.

"Untuk langkah antisipasinya sendiri kita dari JSC sudah membentuk tim perburuan terhadap hewan," ujar Direktur Utama (Dirut) JSC Palembang, Meina Paloh melalui Supervisor Operasional Afriandi, Sabtu (31/10/2020).

Baca Juga: Herman Deru Pengin Jakabaring Tempat Opening-Closing Piala Dunia U20 

1. Diduga, babi hutan masuk JSC karena kondisi alam

Sebelumnya, kejadian babi hutan masuk ke lingkungan JSC Palembang viral di Instagram lewat video berdurasi 15 detik. Dalam video tersebut ada dua babi hutan mengejar sejumlah pengunjung di JSC hingga mereka harus naik pagar agar selamat dari kejaran binatang liar tersebut.

"Itu (video) kemarin (30/10/2020). Memang babi hutan sudah beberapa kali masuk, karena kondisi alam dan habitat hewan ini menyempit," kata Andi.

2. Selain babi hutan, hewan liar lain sempat masuk ke JSC

Babi Hutan Masuk Kawasan Pelaksanaan Piala Dunia U20 di PalembangWisma Atlet Jakabaring Sport City (JSC) dijadikan sebagai Rumah Sehat untuk Orang Dalam Pemantauan atau ODP. (IDN Times/Deryardli Tiarhendi)

Menurut Andi, JSC juga sudah melakukan antisipasi, yakni dengan melakukan pengawasan serta pemantauan setiap hari bersama tim khusus pemburu hewan liar.

"Karena ya masih ada memang (binatang liar) selain babi, termasuk biawak, ular, tawon dan lebah. Di sini kan dulu rawa-rawa," ungkapnya.

3. Tahun 2018, babi hutan juga sempat masuk JSC

Babi Hutan Masuk Kawasan Pelaksanaan Piala Dunia U20 di PalembangBabi hutan masuk kawasan Jakabaring Sport City (IDN Times/Dok. Instagram)

Menurut dia, masuknya babi hutan ke kawasan JSC Palembang bukan kali pertama. Tahun 2018, seekor babi hutan juga sempat masuk JSC ketika momen Asian Games. Saat itu, babi hutan tersebut tidak mengganggu.

"Kita berhasil menangkap. Sejauh ini, baru ada lagi tahun ini muncul lagi," kata dia.

4. Pengelola awasi pagar pembatas dan imbau masyarakat informasikan kabar terbaru

Babi Hutan Masuk Kawasan Pelaksanaan Piala Dunia U20 di PalembangGedung PT Jakabaring Sport City Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Andi menerangkan, soal berapa banyak tim yang akan mengawasi kawasan JSC agar kejadian babi hutan masuk ke dalam tak terulang lagi. Pihaknya akan konsisten menyusuri tempat babi tersebut muncul.

"Semua yang bertugas nanti gantian, kita akan memasang pagar pembatas di mana tempat babi itu keluar untuk melakukan pencegahan agar kejadian begini tidak terjadi lagi," teranya.

Ia juga mengimbau, masyarakat melaporkan jika kejadian sama kembali terjadi. "Bisa laporkan kepada security atau petugas JSC agar segera kita ditindaklanjuti," imbuhnya.

Baca Juga: Gelora Jakabaring Jadi Venue Piala Dunia U-20, Pengelola Sudah Siap

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya