Alasan Administrasi Tak Tuntas, Pemilihan Rektor Unsri Diundur

Pleno pemilihan Rektor Unsri dijadwalkan pada 7 Agustus 2023

Palembang, IDN Times - Pemilihan Rektor Universitas Sriwijaya (Unsri) yang dijadwalkan selesai pada Jumat (4/8/2023), terpaksa diundur karena proses administrasi penilaian calon Rektor kampus kuning tersebut belum kelar.

"Semula jadwal dari 28 Juli sampai 4 Agustus selesai, namun hasil tes wawancara semua kandidat belum selesai adminstrasinya," ujar Ketua Panitia Pemilihan Rektor Unsri, Joni Emirzon.

Baca Juga: Nama Calon Rektor Unsri Sudah Diusulkan ke Mendikbudristek

1. Unsri targetkan semua urusan pemilihan tuntas 7 Agustus 2023

Alasan Administrasi Tak Tuntas, Pemilihan Rektor Unsri DiundurUniversitas Sriwijaya (aldebaranspaca.home.blog)

Meski jadwal diundur, panitia pemilihan Rektor Unsri sudah mengatur ulang waktu untuk memberikan hasil penilaian hasil tes.

Hasil tes para kandidat itu akan diserahkan kepada Kemendikbudristek, semula pada 31 Juli 2023 namun berubah dan ditarget selesai 7 Agustus.

Baca Juga: Unsri Cari Rektor Baru, Guru Besar PTN Luar Palembang Bisa Daftar

2. Panitia pemilihan Rektor Unsri tidak berubah lagi

Alasan Administrasi Tak Tuntas, Pemilihan Rektor Unsri Diundurinstagram.com/perawatunsri2018

Joni berharap perubahan jadwal pemilihan Rektor Unsri periode 2023-2027 tak terkendala lagi, khususnya sebelum Prof Aniss Saggaff mengakhiri masa tugasnya pada 24 September 2023.

"Prinsipnya panitia bersama 77 senat Unsri siap kapan pun melaksanakan pemilihan Rektor bersama pihak Kemendikbudristek yang memiliki suara 35 persen. Lebih cepat lebih baik, sehingga bisa segera diperoleh Rektor baru," ujarnya.

3. Penetapan rektor Unsri akan digelar di Kampus Palembang

Alasan Administrasi Tak Tuntas, Pemilihan Rektor Unsri DiundurUniversitas Sriwijaya

Dia menjelaskan, tiga calon Rektor Unsri Palembang yang ditetapkan dalam rapat Senat tertutup di Palembang, Senin (26/6/2023), diusulkan kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim.

Tiga calon rektor itu yakni Taufiq Marwa (Wakil Rektor Bidang Umum, Kepegawaian, dan Keuangan Unsri), Ishaq Iskandar (Kepala LLDikti Wilayah II Palembang), dan Alfitri (Dekan FISIP).

Sebanyak 75 orang dari total 78 orang anggota Senat di bawah pimpinan Ketua Senat Unsri, Subriyer Nasir, melakukan rapat penetapan tiga calon Rektor terbaik pengganti Aniss Saggaff.

"Anggota Senat tersebut akan melakukan pemilihan bersama utusan Mendikbudristek di Kampus Unsri Palembang, 7 Agustus 2023, dan menetapkan satu dari tiga calon sebagai Rektor Unsri periode 2023-2027," kata dia.

Baca Juga: Kemenhub Bakal Tambah Rute Feeder LRT ke Unsri Indralaya

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya