Ada 42 Anak Sungai, Palembang Ternyata Cuma Punya 1 Pintu Air

Butuh dana puluhan miliar untuk membangun satu pintu air

Palembang, IDN Times - Karakteristik Palembang yang merupakan dataran rendah dan rawa-rawa, berpotensi cepat mengalami air pasang dan banjir ketika musim hujan. Sebagian wilayah dari Seberang Ulu dan Ilir pun dikelilingi puluhan anak Sungai Musi.

"Karakteristik wilayah di Palembang 49 persen dataran rendah dan dikelilingi 42 anak sungai yang bermuara ke Sungai Musi. Namun hanya Sungai Bendung yang punya pintu air lengkap pompanya," ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Palembang, Ahmad Bastari Yusak, Kamis (6/1/2022).

1. Palembang membutuhkan banyak pintu air cegah air pasang masuk

Ada 42 Anak Sungai, Palembang Ternyata Cuma Punya 1 Pintu AirAhmad Bastari Yusak, Kepala Dinas PUPR Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agusti)

Minimnya pintu air membuat Palembang rentan terendam banjir akibat saluran resapan air atau drainase juga kurang optimal. Palembang membutuhkan tambahan pintu air dan pompa yang dibangun di seluruh anak sungai. Harapannya, air tidak mengalir ke anak sungai lain ketika air meluap dan pasang.

"Karena selain masalah drainase, air pasang Sungai Musi juga jadi penyebab banjir," kata dia.

Baca Juga: Banjir Kembali Terjadi, Palembang Bangun Pompa di Kalidoni

2. Pompa di pintu air untuk membuang banjir atau genangan

Ada 42 Anak Sungai, Palembang Ternyata Cuma Punya 1 Pintu AirUji coba rumah pompa pengendali banjir di Muara Sungai Sekip Bendung 13 Ilir Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Bastari mengaku, membangun pintu air dan pompa di setiap anak sungai belum mampu direalisasikan Pemkot Palembang. Jika dibandingkan dengan negara maju lain seperti Belanda, setiap anak sungai sudah memiliki pintu air dan pompa.

"Saat Sungai Musi mulai pasang, tutup seluruh pintu air. Ketika hujan deras, gunakan pompa di anak sungai. Seharusnya seperti itu," jelasnya.

Baca Juga: Wawako Palembang Salahkan Tumpukan Sampah Akibatkan Banjir

3. Butuh dana ratusan miliar membangun pintu air

Ada 42 Anak Sungai, Palembang Ternyata Cuma Punya 1 Pintu AirUji coba rumah pompa pengendali banjir di Muara Sungai Sekip Bendung 13 Ilir Palembang. IDN Times/Feny Maulia Agustin

Ia menerangkan, pembangunan pintu air dan pompa membutuhkan dana hingga puluhan miliar di setiap anak sungai. Jika Palembang memiliki 42 anak sungai, maka dibutuhkan setidaknya ratusan miliar tergantung luas lahan.

"Jika kecil seperti di Lawang Kidul dengan lebar tiga meter, untuk pompa dan pintu air butuh Rp10 miliar," timpal dia.

4.

Ada 42 Anak Sungai, Palembang Ternyata Cuma Punya 1 Pintu AirKepala Dinas Pengerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Palembang, Ahmad Bastari Yusak (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Pemkot Palembang berharap bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) dari BUMN yang ada di Palembang. Sejak beberapa tahun lalu, PT Pusri menjanjikan akan membangun sistem pompa di Sungai Buah yang berada di sekitar pabrik. Namun hingga kini belum terwujud.

Selain perlu pembangunan pintu air, setiap dasar anak sungai juga butuh dikeruk. kedalaman eksisting di setiap sungai saat ini hanya berkisar 1-2 meter saja, padahal dibutuhkan kedalaman setidaknya hingga lima meter agar dapat menampung air.

"Pusri itu jika lengkap membangun kolam retensi dengan pompanya sekitar Rp70 miliar, ini memang nilai yang sangat besar," tandasnya.

Baca Juga: Ahli beri Saran untuk Atasi Banjir Palembang, apa Pemkot Mendengar?

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya