77 Pasien Positif COVID-19 di Palembang Dinyatakan Sembuh

Namun ada satu pasien meninggal dunia

Palembang, IDN Times - Juru Bicara Satuan Gugus Tugas (Satgas) COVID-19 Dinas Kesehatan (Dinkes) Palembang Yudhi Setiawan mengumumkan ada kenaikan kasus aktif COVID-19 dinyatakan sembuh.

"Pasien sembuh COVID-19 di Palembang bertambah 77 orang dari sebelumnya, Jumat (11/2/2022) ada 57 orang sembuh," ujarnya, Sabtu (12/2/2022).

Baca Juga: 20 Pemuda di Palembang Ditangkap, Pamer Sajam dan Tawuran

1. Kasus aktif COVID-19 dinyatakan sembuh setelah melakukan uji klinis PCR

77 Pasien Positif COVID-19 di Palembang Dinyatakan Sembuhilustrasi seorang pasien COVID-19. (ANTARA FOTO/REUTERS/Marko Djurica)

Pasien terkonfirmasi COVID-19 sembuh itu merupakan pasien tak bergejala dan bergejala ringan. Mereka melakukan perawatan isolasi di fasilitas kesehatan ataupun isolasi mandiri.

"Isolasi mereka selama sepekan lebih, dengan 19 pasien kasus Asimtomatik dan 58 pasien kasus Simtomatik," kata dia.

Mereka dinyatakan sembuh dari COVID-19, setelah melakukan pemeriksaan medis "exit" tes atau tes polymerase chain reaction (PCR) di laboratorium kesehatan setempat.

"Tapi kalau pasien yang isolasi mandiri dilihat setelah 10 hari, kalau gejala tidak ada lagi atau membaik maka dinyatakan sembuh," timpalnya.

2. Keseluruhan angka kasus COVID-19 di Palembang 1.821 orang

77 Pasien Positif COVID-19 di Palembang Dinyatakan SembuhJuru Bicara Gugus Tugas Penanganan Percepatan COVID-19 di Palembang, Yudhi Setiawan (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Berdasarkan keseluruhan jumlah kasus positif COVID-19 di Palembang pada 12 Februari 2021, total ada 1.821 orang dengan satu kasus meninggal dunia. Sehingga saat ini tercatat masih ada 1.743 kasus aktif COVID-19.

"Dari jumlah itu, enam pasien COVID-19 masih perawatan intensif di rumah sakit, 1.518 kasus simtomatik dan 219 kasus asimtomatik menjalani isolasi, baik mandiri atau difasyankes," jelas Yudhi.

Ia menerangkan, jumlah kasus COVID-19 di Palembang, data didapatkan dari hasil pemeriksaan tes usap antigen atau PCR terhadap masyarakat yang akan melakukan mobilitas atau yang membutuhkan tindakan di rumah sakit.

"Termasuk masyarakat melakukan kontak erat, pelacakan, dan terkonfirmasi. Mereka umumnya bergejala ringan hingga sedang, dan diisolasi," tambahnya.

3. Dinkes Sumsel catat keterisian tempat tidur di rumah sakit rujukan di Palembang baru 40 persen

77 Pasien Positif COVID-19 di Palembang Dinyatakan SembuhKantor Dinkes Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Yudhi mengimbau kepada masyarakat Palembang untuk tidak khawatir melakukan pemeriksaan tes usap antigen ataupun PCR yang tersedia di fasilitas layanan kesehatan (fasyankes).

Sebab melalui pemeriksaan, maka penyebaran COVID-19 bisa dideteksi dini dan yang terkonfirmasi bisa segera ditangani medis. Saat ini pemerintah sudah memastikan ad 19 rumah sakit rujukan COVID-19.

"Termasuk fasilitas kesehatan lain, seperti puskesmas yang siap melakukan upaya perawatan," kata dia.

Berdasarkan data Dinkes Sumatra Selatan (Sumsel) keterisian tempat tidur di 19 rumah sakit rujukan COVID-19 di Palembang baru 40 persen. Yakni dari 79 tempat tidur yang disediakan baru terisi tiga pasien.

Sedangkan, untuk tempat tidur isolasi COVID-19 terisi tiga pasien atau 42 persen dari jumlah 72 tempat yang disiapkan dan tempat tidur ICU terisi satu pasien dari 67 yang disediakan.

Baca Juga: Kesal Selalu Ikut Campur, Menantu di Palembang Ancam Mertua Pakai Senpi 

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya