120 Obat Sirop Khusus Anak di Palembang Sudah Aman Dikonsumsi

Warga Palembang perlu mewaspadai tiga obat yang berbahaya

Palembang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang bersama Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM), menyatakan sejumlah obat sirop khusus anak aman bila dikonsumsi.

"Dari hasil sidak selama ini bersama BBPOM, sebanyak 120 obat sirop dinyatakan aman untuk dikonsumsi," ujar Wakil Wali Kota (Wawako) Palembang, Fitrianti Agustinda atau Finda, Kamis (3/10/2022).

Baca Juga: Kasus Gagal Ginjal di Sumsel Bertambah, Usia Pasien 13 Tahun

1. Pemkot dan BBPOM Palembang uji sampel obat apotek

120 Obat Sirop Khusus Anak di Palembang Sudah Aman DikonsumsiWakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Ratusan obat sirop yang dinyatakan aman sudah berdasarkan hasil penelitian layak konsumsi oleh BBPOM, dan tidak mengandung bahan berbahaya serta bebas dari pemicu penyakit gagal ginjal.

"Semua sampel dari sidak apotek langsung dicek untuk melihat kandungannya," kata dia.

Baca Juga: 4 Tips Jaga Kesehatan Anak Cegah Gagal Ginjal Ala Dokter Nefrologi

2. Tiga obat sirop dilarang beredar

120 Obat Sirop Khusus Anak di Palembang Sudah Aman Dikonsumsiilustrasi obat-obatan (IDN Times/Mardya Shakti)

Meski sudah menyatakan sejumlah obat sirop aman konsumsi, BBPOM Palembang masih melarang tiga obat dengan kandungan pemanis berbahaya yang tak boleh beredar di publik.

Tiga obat itu yakni Termorex Sirup (obat demam) produksi PT Konimex, Flurin DMP Sirup (obat batuk dan flu) dari PT Yarindo Farmatama, dan Unibebi Cough Sirup (obat batuk dan flu) buatan Universal Pharmaceutical Industries.

"Masih ada yang dilarang karena kandungannya itu tidak baik dikonsumsi tubuh," timpalnya.

3. Ingatkan masyarakat tak konsumsi obat sirop tanpa arahan dari Kemenkes

120 Obat Sirop Khusus Anak di Palembang Sudah Aman DikonsumsiWakil Wali Kota (Wawako) Palembang Fitrianti Agustinda (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Finda mengimbau masyarakat menahan diri mengonsumsi obat sirop tanpa resep, walaupun BBPOM telah meneliti sejumlah obat sirop sudah layak konsumsi.

"Lebih baik saya imbau agar masyarakat jangan dulu mengonsumsi obat sirop untuk anak. Itu lebih aman sebelum ada arahan khusus dari Kemenkes" jelas dia.

Baca Juga: RSMH Palembang Kebagian Obat Gagal Ginjal Akut dari Jepang

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya